FAMILY & LIFESTYLE

Ini Dia Cara Mudah Untuk Atasi Stres



Setiap hari, Moms dihadapkan dengan banyak hal. Mulai dari mengurus Si Kecil atau juga pekerjaan yang tidak ada habisnya. Jika Anda tidak dapat mengontrol diri dengan baik, maka bisa timbul rasa tertekan atau stres yang tentu akan mengganggu kegiatan.


Ketika dilanda stres, otak akan mengirim sinyal pertahanan dan memicu sistem endokrin yang melepaskan berbagai hormon. Hormon-hormon ini menekan imunitas sehingga tubuh rentan terkena penyakit. Maka, Moms bisa mengatasi stres dengan langkah berikut ini:


  • Latihan relaksasi. Hubungan antara pikiran dan tubuh dapat diperkuat dengan latihan relaksasi seperti meditasi. Anda dapat melakukan latihan ini secara rutin akan mencegah gangguan pada organ tubuh. Untuk mempermudah, ada beberapa aplikasi di smartphone yang bisa membantu Anda menenangkan diri dan digunakan kapanpun.

  • Berpikir positif. Anda harus memiliki pemikiran bahwa diri Anda dalam kondisi baik. Hal ini sudah terbukti sangat mempengaruhi kesehatan baik fisik maupun psikis. Sebuah penelitian juga menyimpulkan bahwa kecemasan, kedengkian, dan perasaan negatif lain berdampak pada sistem imun.

  • Modifikasi perilaku. Mengubah tindakan kita berarti mengubah kebiasaan yang memicu stres. Usahakan untuk bisa selalu bersyukur pada setiap situasi yang dijalani. Maka, diri Anda akan lebih merasa tenang dan relaks karena beban yang sebenarnya sedang dijalani bisa berkurang banyak.

  • Dukungan sosial. Menurut para peneliti, orang dengan dukungan sosial kuat, memiliki kesehatan yang lebih baik serta lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. Bangun kedekatan dengan anggota keluarga. Selain itu, perbanyak network baik dalam pekerjaan atau pertemanan sehingga banyak orang yang bisa mendukung hasil yang Anda dapat sampai saat ini. (Rosdiana Setyaningrum/Vonia Lucky/MA/Dok. Freepik)