TODDLER

Tip Menidurkan Si Kecil

Menidurkan Si Kecil


Terkadang, menidurkan Si Kecil bisa menjadi perkara. Dibandingkan tempat tidur, ia tentu lebih memilih bermain bebas di luar dan menjelajah sesuka hati. Baginya, tidur berarti harus melepas mainan dan berpisah dari keramaian dengan teman-teman. Kegelapan dan kesendirian, juga sering membuatnya takut tidur. Sebelum Anda frustasi saat harus menidurkan Si Kecil, lakukanlah beberapa tip sederhana berikut ini.

1. Beri pengertian padanya bahwa tidur sangat penting untuk kesehatannya. Dengan tidur, keesokan paginya ia bisa bersenang-senang dengan kekuatan penuh.

2. Hindari menggunakan kamar tidur sebagai ruang hukuman untuk menghindari asosiasi buruk pada pikiran Si Kecil.

3. Lakukan ritual menjelang tidur, seperti menyikat gigi, mencuci kaki dan tangan, mengganti baju dengan pakaian tidur, serta berdoa.

4. Jika ia belum lelah dan mengantuk, jangan dipaksa. Giring ke kamar tidur untuk melakukan aktivitas yang lebih tenang, seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang lembut.

5. Begitu Si Kecil mulai terlelap, berikan pelukan dan ciuman, lalu tinggalkan dirinya sendirian. Jika beberapa saat kemudian ia terbangun, tidurkan kembali dengan kontak yang lebih singkat agar ia tidak tergantung kepada Anda.

6. Jangan sampai Anda marah hanya karena Si Kecil tidak mau tidur. Ia belum mengerti mengapa Anda harus marah padanya hanya karena ia belum mengantuk dan belum ingin tidur. (Aulia/DC/dok.M&B)