Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Banyak hal yang harus disesuaikan ketika Anda hamil, Moms. Salah satunya adalah posisi berbaring saat tidur. Posisi tidur termasuk salah satu masalah yang kerap dialami dan dikeluhkan ibu hamil, terutama saat kehamilan berada di trimester akhir. Perut yang semakin besar membuat posisi tidur Moms menjadi serba salah dan Anda kesulitan mencari posisi tidur yang tepat dan nyaman agar bisa tidur nyenyak.

 

Posisi tidur yang salah pada ibu hamil juga bisa mengundang berbagai masalah, misalnya tidur kurang nyenyak, pegal-pegal, sakit pinggang, pembengkakan kaki, nyeri otot, penurunan tekanan darah, atau justru meningkatnya tekanan darah.

 

3 Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Agar Moms tetap cukup tidur selama hamil, Anda sebaiknya mengetahui beberapa posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil. Berikut ini sejumlah informasi mengenai posisi tidur ibu hamil yang direkomendasikan.


1. Hindari Posisi Telentang

Pada awal-awal masa kehamilan, posisi ini sebenarnya tidak bermasalah. Namun, jika usia kehamilan Moms memasuki trimester kedua, terutama setelah bulan ke-5, Anda tidak dianjurkan untuk tidur dalam posisi telentang. Menurut Dr. Vera Stucky, ahli kandungan di San Diego, California, AS, tidur dengan posisi ini akan memindahkan seluruh berat rahim ke bagian belakang tubuh, sehingga berisiko menimbulkan sakit pinggang, wasir, gangguan pencernaan, dan gangguan pernapasan pada ibu hamil.

Selain itu, tidur dengan posisi ini, kondisi rahim yang sudah besar dan berat akan menekan pembuluh darah besar, yaitu aorta dan vena cava inferior. Tekanan ini bisa menghambat peredaran darah ke tubuh ibu hamil dan juga ke janin.

 

2. Tidur Miring ke Kiri

Para ahli menyarankan agar ibu hamil sebaiknya tidur dengan posisi miring ke kiri. Tidur dengan posisi ini akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah, baik yang menuju jantung, rahim, janin, maupun ginjal. Selain itu, berbaring menyamping ke kiri membuat lambung berada di posisi yang nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan.

Posisi tidur miring ke kiri juga akan membantu ginjal Anda bekerja lebih efisien dalam membuang zat sisa dan cairan tubuh, sehingga bisa mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, tungkai kaki, dan tangan. Bila ginjal menahan zat sisa dan cairan, Anda bisa mengalami pembengkakan.

Untuk menambah kenyamanan, Moms bisa berbaring miring dengan tangan dan kaki bagian atas ditekuk. Sangga kaki bagian atas dengan bantal jika perlu.

 

3. Menggunakan Bantal

Bantal dapat membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil lebih nyaman. Bila Moms merasa sesak napas atau napas terasa berat, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Bila Anda merasakan nyeri di ulu hati, letakkan beberapa bantal untuk mengganjal kepala dan punggung agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi.

Jika Anda mengalami masalah asam lambung, letakkan banyak bantal untuk menopang tubuh bagian atas, sehingga tubuh bagian atas dalam posisi lebih tinggi dibandingkan tubuh bagian bawah. Moms juga bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman.

 

Tips Agar Ibu Hamil Tidur Lebih Nyenyak

Selain dengan posisi tidur, Moms juga bisa melakukan hal berikut ini untuk membantu tidur Anda lebih nyenyak.

* Lakukan relaksasi atau peregangan ringan sebelum tidur.

* Atur pencahayaan kamar yang pas, tidak silau atau terlalu gelap, Anda masih bisa melihat sekeliling.

* Hindari minum minuman berkafein seperti teh atau kopi di sore hari.

* Lakukan pijat ringan supaya Anda lebih relaks. Moms bisa meminta suami memijat kaki Anda.

* Mandi air hangat sebelum tidur bisa membuat Anda merasa relaks dan nyaman.

* Cukupi kebutuhan gizi selama hamil.


RELATED VIDEO: 4 Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil



(Susanto Wibowo/Dok. Frepik)