Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Moms, Ini 10 Ciri Anda Hamil Anak Perempuan

Moms, Ini 10 Ciri Anda Hamil Anak Perempuan

Dari sekian banyak informasi mengenai kehamilan, ciri-ciri jenis kelamin janin menjadi salah satu yang paling dicari. Pasalnya, Moms dan Dads kerap ingin tahu apakah bayi mereka nantinya berjenis kelamin perempuan atau laki-laki, bahkan sejak Si Kecil masih dalam kandungan.

Jenis kelamin anak memang biasanya baru bisa diketahui saat usia kehamilan 3 bulan melalui USG. Meskipun begitu, ada beberapa ciri atau tanda tertentu yang Moms alami dan menunjukkan bahwa janin yang Anda kandung berjenis kelamin perempuan. Apa saja ciri-cirinya? Simak penjelasannya berikut ini, Moms.

Baca juga: 7 Cara untuk Memprediksi Jenis Kelamin Janin Anda

1. Bentuk perut

Ciri pertama yang cukup umum sebagai tanda Anda hamil anak perempuan adalah bentuk perut. Ini terlihat pada perut yang melebar serta membuncit agak tinggi. Namun, sekali lagi, hal ini bukan penentu utama bahwa Anda akan melahirkan anak perempuan ya, Moms.

2. Detak jantung bayi

Untuk janin perempuan, detak jantung biasanya lebih cepat dari 140 detak per menit. Ada teori yang mengatakan karena ukurannya yang lebih kecil, detak jantung janin pun lebih cepat. Namun, hal ini diragukan oleh Steven Dowshen MD dari Nemours Children's Hospital di Washington, AS, karena pada dasarnya semua janin memiliki detak jantung 120-160 detak per menit.

3. Mengalami morning sickness

Ciri lain yang belum dipastikan secara medis tapi dipercaya bahwa ibu hamil mengandung janin perempuan adalah mengalami morning sickness yang parah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bumil bisa merasakan mual karena jumlah hCG meningkat. Dan hormon ini lebih banyak diproduksi jika Anda mengandung janin perempuan.

4. Linea nigra

Linea nigra atau garis hitam di perut akan muncul saat Anda hamil. Jika Moms mengandung anak perempuan, maka garis ini terbentang dari daerah pusar ke bawah. Bentuknya pun seperti berliku-liku, yang bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda akan punya bayi perempuan.

5. Posisi tidur

Untuk posisi tidur, hal ini bisa menjadi ciri lain Moms hamil anak perempuan. Hal tersebut terlihat jika Anda lebih menyukai tidur dengan menghadap posisi kanan. Namun, hal ini sebenarnya hanya permasalahan kenyamanan dan kebiasaan saja ya, Moms.

6. Ngidam makanan manis

Banyak juga yang percaya bahwa bumil yang ngidam makanan manis merupakan tanda ia sedang hamil bayi perempuan. Namun, penelitian menyatakan, jika seorang wanita ngidam, kemungkinan karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya saat hamil. Meskipun begitu, menurut American Association Pregnancy, saat hamil sebaiknya Anda memperhatikan jumlah pemanis yang ada di asupan makanan. Pasalnya, pemanis buatan bisa diserap oleh janin lewat plasenta dan tentunya bisa berdampak buat kesehatan janin Anda.

7. Pergerakan janin

Gerakan janin perempuan dalam kandungan nyatanya tidak bisa diprediksi. Terkadang ia akan menendang cukup keras atau malah sangat lembut. Pergerakannya pun bisa terjadi saat bumil sedang tidur atau dalam keadaan diam.

8. Perubahan mood

Wanita yang hamil anak perempuan dirasakan oleh orang lain memiliki perubahan suasana hati yang cukup sering. Terkadang, mungkin Anda merasa tenang atau cukup bahagia, tapi tak lama kemudian rasa amarah atau depresi bisa muncul tiba-tiba. Walaupun demikian, faktanya, perubahan mood ini dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk ekspektasi Anda yang terlalu tinggi akan proses kehamilan dan persalinan. Jadi, jangan terlalu dipikirkan agar tidak menyebabkan stres berkelanjutan ya, Moms.

9. Perubahan sifat

Jika Moms merasa lebih sering mengomentari banyak hal, kemungkinan janin Anda berjenis kelamin perempuan. Anda pun mungkin akan mendapat julukan cerewet karena selalu memberikan pendapat dibandingkan saat tidak hamil. Selain itu, bumil dengan janin perempuan juga jadi lebih overprotektif terhadap hal-hal di sekitarnya, tak hanya pada Dads, tapi juga kondisi rumah yang sedang berantakan.

10. Mengharapkan jenis kelamin khusus

Sangat berharap memiliki anak perempuan nyatanya bisa berbanding terbalik dengan kenyataan, lho. Karena itu, usahakan agar Anda tidak terobsesi dengan jenis kelamin janin Anda ya, Moms. Yang terpenting adalah kesehatan Anda di masa kehamilan hingga proses persalinan tiba. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)