Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

10 Makanan Sehat dan Lezat untuk Ibu Hamil

10 Makanan Sehat dan Lezat untuk Ibu Hamil

Saat Moms sedang hamil, penting buat Anda untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi. Pasalnya, ibu hamil tidak hanya makan untuk diri sendiri, tapi juga janin di dalam kandungan. Dengan asupan nutrisi yang baik, maka hal ini bisa membantu janin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pemenuhan nutrisi ini dilakukan dengan mengonsumsi beragam makanan sehat yang bisa diolah dan punya rasa lezat. Berikut ini 10 jenis makanan sehat yang bisa Anda nikmati selama masa kehamilan, Moms.

1. Bayam

Salah satu sayur yang sangat baik dikonsumsi saat hamil adalah bayam. Dengan warna hijau yang cukup pekat, bayam menjadi sumber folat, zat besi, dan kalsium. Folat sendiri sangat penting selama kehamilan, karena bisa mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi, seperti spina bifida. Untuk mempertahankan nutrisi bayam, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara merebus atau menjadikannya jus segar.

2. Ikan

Ikan juga penting dikonsumsi selama hamil, terutama salmon dan tuna yang memiliki tingkat asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Anda bisa mengukus atau memanggang ikan hingga matang, dan dikonsumsi selagi hangat. Namun, beberapa jenis ikan seperti king makerel dan striped bass sebaiknya tidak dikonsumsi bumil karena memiliki kandungan merkuri yang berbahaya bagi kehamilan.

Baca juga: Makanan Mengandung Omega-3 Terbaik untuk Ibu Hamil

3. Sereal

Ternyata, sereal yang dikonsumsi saat sarapan menjadi makanan sehat untuk menjaga kehamilan. Sereal sendiri umumnya diperkaya vitamin dan zat besi yang baik buat tubuh. Namun, perhatikan kadar gula, garam, dan lemak di dalamnya agar tidak mengganggu kesehatan saat hamil. Usahakan untuk memilih sereal tanpa pemanis atau perasa untuk Anda konsumsi.

4. Daging

Tak hanya ikan, daging juga memiliki kandungan zat besi yang lebih baik dibandingkan yang terdapat pada sayuran atau kacang-kacangan. Dengan meningkatkan kadar zat besi, bumil akan terhindar dari masalah seperti anemia hingga pendarahan usai melahirkan.

5. Telur

Bumil memang sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi telur mentah. Namun, ketika dimakan dalam kondisi matang, telur menjadi makanan sehat dengan nutrisi yang baik, khususnya untuk janin, seperti kandungan kolin yang bisa membantu perkembangan otak janin.

6. Produk susu

Berbagai produk susu dan olahannya tentunya mengandung kadar kalsium yang cukup tinggi, baik susu segar, keju, ataupun yoghurt, yang bisa Anda konsumsi saat hamil. Yoghurt sendiri mengandung protein yang sangat penting untuk pertumbuhan jaringan pada janin. Namun, untuk keju sendiri, ada jenis keju yang aman dan sebaliknya, tidak aman, untuk dikonsumsi bumil.

Baca juga: Jenis Keju yang Aman dan Tidak Aman Dimakan saat Hamil

7. Ubi

Jika bosan dengan nasi, Anda bisa mengonsumsi ubi sebagai pilihan lainnya. Ubi kaya vitamin A yang mampu membangun sel-sel sehat pada janin. Selain itu, makanan sehat satu ini juga mengandung serat dan potasium yang baik dan bisa berperan sebagai ASI booster. Tentunya, ini sangat penting dikonsumsi saat hamil ya, Moms.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat bermanfaat untuk kesehatan bumil dan janin, seperti menjaga kekebalan tubuh Anda saat hamil muda. Kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B yang baik dalam proses pengembangan saraf janin, sedangkan kacang polong dapat menjaga agar berat badan bayi ideal dan tidak lemah saat proses persalinan.

9. Kentang

Jenis umbi-umbian selain ubi yang baik untuk bumil adalah kentang. Kandungan makanan sehat satu ini di antaranya adalah beta karoten, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan zat besi. Beta karoten sendiri bisa mengubah antioksidan menjadi vitamin A, yang berperan penting dalam perkembangan mata, tulang, dan kulit janin.

10. Buah-buahan

Yang paling segar dan bisa Anda jadikan kudapan adalah buah-buahan. Buah baik dikonsumsi bumil untuk menjaga kesehatan, seperti pisang dengan kandungan serat dan potasium yang membantu fungsi sel dan pencernaan, serta menjaga tekanan darah. Jeruk juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan berperan melawan infeksi serta penyerapan zat besi. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)