Type Keyword(s) to Search
BABY

7 Mainan untuk Bayi Usia 3 Bulan

7 Mainan untuk Bayi Usia 3 Bulan

Di usia 3 bulan, bayi Anda sudah mulai mengetahui hal seru apa saja yang bisa ia lakukan dengan tangannya. Makanya jangan heran kalau bayi sedang hobi menggigit-gigit jarinya ya, Moms. Nah, di usia 3 bulan ini, Moms juga sudah bisa memberikan Si Kecil berbagai mainan seru, salah satunya yang bisa ia genggam dan mainkan. Mau tahu jenis mainan apa lagi yang cocok untuk bayi usia 3 bulan? Simak beberapa rekomendasi kami berikut ini, Moms!

1. Crib mobile

Menurut BabyCenter, crib mobile adalah jenis mainan yang tepat diberikan pada bayi usia 3 bulan. Ini adalah mainan yang bisa digantung di atas tempat tidur bayi dan biasanya bisa berputar serta mengeluarkan suara atau cahaya. Perlu diingat, bayi 3 bulan sangat tertarik dengan semua mainan yang berputar, mengeluarkan suara, atau mengeluarkan lampu aneka warna.

2. Boneka

Bingung memilih boneka yang tepat untuk anak 3 bulan? BabyCenter menyarankan untuk memberinya boneka yang lembut dan bisa dipeluk. Jangan berikan boneka yang memiliki kawat di telinga atau ekornya ya Moms, karena berpotensi bisa menyakiti Si Kecil.

3. Mainan yang bisa diremas

Moms tahu mainan karet yang bisa diremas dan mengeluarkan bunyi? Nah, jenis mainan seperti itu sangat cocok untuk bayi 3 bulan. Mainan seperti ini juga tepat untuk mengajarkan anak untuk waspada dengan apa yang bisa dilakukan dengan tangannya.

4. Board book

Jika soft book cocok untuk newborn, bayi usia 3 bulan ke atas sudah boleh menikmati board book atau buku keras. Kenapa tidak diberikan soft book saja? Tentu karena board book lebih tahan jika dimasukkan ke mulut, terkena air liur, dan bentuk ketertarikan lainnya dari Si Kecil. Beberapa board book juga memiliki aneka tekstur dan warna-warna menarik yang bisa dirasakan bayi.

5. Teether

Bayi usia 3 bulan sudah ada yang mulai tumbuh gigi lho, Moms. Tentu saja ini waktu yang tepat untuk memberikan teether buat Si Kecil. Memberikan teether dingin juga bisa membantu meredakan nyeri akibat tumbuh gigi yang dialami Si Kecil.

6. Rattles ringan

Rattle atau biasa disebut kerincingan juga efektif menghibur bayi usia 3 bulan, Moms. Bayi di usia ini sangat suka menghasilkan berbagai suara, dan rattle adalah salah satunya. Pastikan rattle untuk bayi Anda tidak mengandung partikel-partikel kecil ya, karena berbahaya jika tertelan oleh Si Kecil.

7. Mainan musik

Apa pun jenis mainan yang bisa mengeluarkan musik, pasti disukai bayi usia 3 bulan. Apalagi, kalau mainan ini dilengkapi dengan warna menarik, aneka tekstur, lampu aneka warna, dan mudah digenggam tangan Si Kecil. Wah, jangan kaget kalau mainan seperti ini jadi favorit bayi Anda ya, Moms.

Baca juga: Moms, Ini Mainan untuk Bayi Usia 6 Bulan

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)