Type Keyword(s) to Search
BABY

Moms, Ini Mainan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Moms, Ini Mainan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Menginjak usia 6 bulan, banyak tingkah baru bayi yang akan mengejutkan Anda. Si Kecil akan menggunakan gerakan sederhana, seperti menggelengkan kepala untuk menolak sesuatu, atau melambaikan tangannya ketika hendak meninggalkan seseorang. Ia juga mulai gemar meniru gerak tubuh Anda saat bermain dengannya.

Nah, di usia 6 bulan ini, mainan sangat direkomendasikan untuk mengasah perkembangan kognitif dan juga motorik Si Kecil. Berikut ini beberapa rekomendasi mainan bayi untuk usia 6 bulan, Moms.

1. Bola

Bola menjadi mainan yang sangat menarik buat bayi 6 bulan. Ada berbagai macam cara bermain bola bersama Si Kecil. Gulirkan bola ke arah bayi dan minta ia menggulirkan ke arah mana saja. Bola juga baik untuk melatih kemampuan merangkak bayi. Ia bisa menyentuh bola sehingga menggelinding, lalu merangkak untuk meraihnya.

2. Boneka

Boneka yang lembut dan bisa dipegang atau dipeluk bisa menjadi pilihan mainan yang menyenangkan untuk Si Kecil. Namun, Moms sebaiknya pastikan agar boneka yang ia mainkan tidak memiliki bagian-bagian yang kecil karena berisiko tertelan bayi, tali atau benang, serta bagian atau material yang tajam yang bisa membahayakan keamanannya. Pilih juga boneka yang ukurannya tidak terlalu besar agar Si Kecil nyaman memainkannya.

3. Activity board

Mainan ini sangat cocok untuk bayi Anda. Bentuknya yang unik dan warnanya yang cerah serta mengeluarkan berbagai macam bunyi saat dipencet akan membuatnya tertarik. Mainan ini juga bisa melatih koordinasi tangan dan fungsi sensorik bayi, Moms.

4. Teether

Bisa berfungsi sebagai mainan, teether juga membantu mengatasi rasa tidak nyaman bayi saat ia mengalami tumbuh gigi dan merangsang pertumbuhan giginya. Namun, pastikan juga Anda sudah mencuci dan membersihkan mainan ini dengan seksama sebelum memberikannya pada Si Kecil ya, Moms.

Baca juga: Bayi Telat Tumbuh Gigi, Ketahui 6 Penyebabnya, Moms!

5. Buku kain

Si Kecil juga sudah bisa diperkenalkan pada buku lho, Moms. Pilihlah buku yang materialnya terbuat dari kain dan antirobek. Anda juga bisa membeli buku sensori yang setiap halamannya berisi berbagai macam bentuk, warna, serta tekstur untuk menstimulasi bayi. Hindari buku yang berbahan kertas, karena selain mudah robek, serpihan kertas berisiko tertelan Si Kecil.

6. Alat musik

Semua mainan yang bisa mengeluarkan bunyi pasti akan menarik hati Si Kecil. Mainan alat musik juga bisa membantu melatih motorik bayi dengan cara dipukul atau dipencet sehingga menghasilkan bunyi. Si Kecil pun akan bisa belajar mengenali sumber bunyi dari mainan ini.

7. Boneka tangan

Dengan bentuk yang unik, boneka tangan pasti akan mengundang ketertarikan Si Kecil untuk memainkannya, Moms. Masukkan tangan Anda ke dalam boneka tersebut dan mulailah berbicara dengan bayi Anda. Media ini akan bisa membantu menjalin komunikasi Moms dengan Si Kecil serta bisa menstimulasi kemampuan bicaranya.

8. Mainan pencet

Mainan yang mengeluarkan bunyi saat dipencet ini umumnya terbuat dari bahan plastik atau karet dengan bentuk yang beragam. Mainan ini berguna untuk merangsang motorik anak dan kognitifnya. Ia akan belajar jika memencet, maka mainan tersebut akan mengeluarkan bunyi. (M&B/SW/Foto: Freepik)