Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Tanda Akan Melahirkan yang Penting Moms Ketahui

7 Tanda Akan Melahirkan yang Penting Moms Ketahui

Setelah berbulan-bulan mengandung, Anda tentu sudah tidak sabar ingin bertemu Si Kecil. Apalagi jika tanggal bersalin atau due date Anda sudah semakin dekat. Wah, pasti Anda ingin lekas menimang si bayi ya, Moms. Kini mungkin Anda tengah sibuk mempersiapkan segala kebutuhan persalinan. Namun jangan lupa, Anda juga perlu membekali diri dengan informasi tentang tanda-tanda persalinan. Apa saja tanda-tanda Anda akan melahirkan yang perlu Anda ketahui? Yuk, kenali 7 tanda berikut ini:

 

1. Pecah Ketuban

Tanda pertama Anda akan melahirkan adalah pecah ketuban. Sebuah penelitian menunjukkan hanya kurang dari 8 persen ibu hamil pernah mengalami pecah ketuban sebelum merasakan kontraksi. Bahkan jika ketuban Anda sudah pecah, Anda hanya seperti sedikit mengompol, bukan mendadak ‘banjir’ seperti yang ada di sinetron. Ireland Health Service Executive juga menyebutkan, sekitar 80 persen wanita melahirkan secara spontan dalam 12 jam setelah pecah ketuban.

 

2. Kontraksi

Di usia kehamilan 37 minggu, biasanya Anda mulai merasakan kontraksi. Saat ini bayi mulai turun ke tulang panggul lebih dalam lagi, dan kontraksi berlangsung 3 kali dalam beberapa menit. Tapi hati-hati keliru dengan Braxton Hicks atau kontraksi palsu yang cirinya tidak kuat dan tidak intens. Kontraksi palsu ini bisa dipicu oleh kelaparan atau dehidrasi, jadi pastikan Anda tidak kurang minum!

Sebagai tanda menjelang persalinan, kontraksi akan terasa lebih intens, dengan interval dari 10 menit sekali, menjadi 8,5, hingga 3 menit sekali. Durasinya juga sekitar 20-40 detik tiap kontraksi. Jika kontraksi ini sudah semakin intens (dan Anda sudah sulit berbicara), segera ke rumah sakit ya, Moms!

 

3. Payudara 'Bocor'

Walau belum menyusui, payudara sudah bisa 'bocor' atau sudah keluar ASI beberapa minggu sebelum Si Kecil lahir. Ini adalah kolostrum, cairan kaya nutrisi yang sangat baik untuk bayi, selain itu juga membuat ASI lancar keluar dalam beberapa hari setelah melahirkan. Agar tidak mengganggu, Anda bisa menggunakan breast pad yang disematkan di balik bra yang akan menyerap kolostrum tersebut.

 

4. Semakin Sering ke Toilet

Kandung kemih Anda akan semakin ditekan dengan kondisi perut yang semakin membesar. Tak heran, Moms menjadi lebih sering buang air kecil, terutama di minggu terakhir kehamilan. Meski begitu, pastikan agar Anda tetap banyak minum air putih agar tehindar dari dehidrasi, ya!

 

5. Perubahan Cara Jalan

Saat cara berjalan Anda menjadi agak menyilang seperti koboi atau bebek, ini menjadi salah satu tanda Si Kecil akan segera lahir. Apabila Anda merasa terganggu, mungkin Anda mengalami pelvic girdle pain (PGP). Dokter akan merekomendasikan physiotherapist, untuk mengajarkan Anda beberapa gerakan olahraga, atau menyediakan sabuk khusus untuk tulang panggul Anda.

 

6. Pembengkakan

Sepanjang kehamilan, berbagai perubahan bentuk tubuh terjadi, seperti bengkak di kaki yang Moms alami. Dan menjelang persalinan, labia atau bibir vagina juga akan bengkak. Hal ini disebabkan meningkatnya volume darah di tubuh ibu hamil. Untuk meredakan bengkak, Anda bisa mengompresnya dengan ice pack.

 

7. Keluar Cairan Kental

Selama hamil, mulut rahim dilapisi oleh lendir atau cairan kental berwarna cokelat, merah muda, atau guratan merah. Lendir ini akan luruh dan keluar dalam beberapa hari sebelum melahirkan. Bisa dalam satu gumpalan atau sedikit-sedikit dalam beberapa hari. Untuk memastikan kalau cairan kental itu bukan pendarahan, konsultasikan pada dokter Anda.

Dengan mengetahui tanda-tanda melahirkan di atas, Anda bisa semakin siap untuk menghadapi proses persalinan. Semoga lancar, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. M&B Picture Library)