Type Keyword(s) to Search
BABY

Moms, Ini Manfaat ASI dari Waktu ke Waktu

Moms, Ini Manfaat ASI dari Waktu ke Waktu

Moms, Anda tentu tahu manfaat yang didapatkan dari ASI untuk Si Kecil. Tapi, tahukah Anda kalau manfaatnya berubah seiring pertambahan usia anak? Sebab ASI yang diterima newborn berbeda dengan ASI yang didapatkan saat Si Kecil berusia 1 tahun. Yuk, simak manfaat ASI dari waktu ke waktu berikut ini.


Hari Pertama

Bayi Anda akan memdapatkan kolostrum pada hari pertama kelahirannya. Kolostrum mengandung protein, vitamin A yang tinggi, karbohidrat, dan lemak rendah, sehingga sesuai dengan kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama.


1 Bulan

Sebulan memberikan ASI bermanfaat untuk menurunkan risiko Si Kecil terkena alergi, diare, hingga infeksi telinga di kemudian hari. Selama itu, ASI akan keluar lebih banyak dibanding hari pertama dan mengikuti kebutuhan Si Kecil.


3 Bulan

ASI yang diberikan selama 3 bulan penuh, dapat menurunkan risiko terkena diabetes sebesar 27 persen. Tidak hanya itu, jika dalam keluarga memiliki riwayat penyakit asma, tidak sampai 40 persen kemungkinan Si Kecil mewarisi asma.


6 Bulan

Berkat ASI eksklusif, saluran usus Si Kecil mulai memproduksi antibodi yang melindunginya dari protein asing atau alergen. ASI eksklusif terbukti melindungi anak dari banyak penyakit, termasuk kanker pada anak. Di usia 6 bulan ini, Si Kecil mulai membutuhkan makanan pendamping ASI atau MPASI.


9 Bulan

Meskipun sudah mengonsumsi MPASI, kebutuhan akan air susu ibu tetap yang utama. ASI hingga usia 9 bulan ini dapat meningkatkan intelektualitas Si Kecil dengan nilai IQ 8 angka lebih tinggi dibandingkan dengan bayi tanpa ASI.


12 Bulan

Si Kecil akan menerima manfaat kesehatan yang berlangsung seumur hidup. Selain itu, menyusu juga menurunkan risiko Si Kecil terkena kolesterol tinggi saat dewasa nanti lho, Moms!


18 Bulan

Kontak skin-to-skin yang selalu Anda lakukan saat menyusui Si Kecil, membuat produksi hormon stres Si Kecil berkurang dan sistem kekebalan tubuhnya semakin kuat pada usia 18 bulan ini. Si Kecil juga akan memiliki ikatan yang kuat dengan Anda karena seringnya kontak skin-to-skin.


2 Tahun

Semakin lama Anda menyusui, sistem kekebalan tubuhnya semakin baik. Anda menyediakan antibodi dan zat pelindung lainnya selama anak Anda terus menyusui. Penelitian menunjukkan bahwa semakin lama seorang anak menyusui, semakin tinggi kecerdasannya. Manfaat juga dapat Anda rasakan, menyusui jangka panjang dapat menurunkan risiko kanker payudara dan osteoporosis. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)