Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

9 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

9 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Saat hamil, Moms tentu berusaha untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi. Ini kebiasaan yang sangat baik, karena saat hamil Anda tidak hanya membutuhkan nutrisi untuk diri sendiri, tetapi juga untuk janin di dalam kandungan.

Apa saja sih, makanan yang perlu dikonsumsi saat hamil? Para pakar menyarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat secara bergantian agar kebutuhan nutrisi Anda dan janin selalu terpenuhi. Tak hanya daging, ikan, dan sayur-sayuran, Moms juga perlu mengonsumsi aneka buah yang kaya gizi.

Salah satu buah yang menjadi favorit ibu hamil (karena jarang menyebabkan mual) adalah pisang. Menurut penelitian yang dipublikasikan di US National Library of Medicine, pisang adalah buah segar yang paling sering dikonsumsi saat hamil, dengan persentase mencapai 95,4 persen!

Wajar saja kalau pisang menjadi buah yang paling digemari, karena pisang tidak hanya enak, tapi juga mudah didapat, jarang menyebabkan mual, cukup mengenyangkan, dan tentu saja banyak manfaatnya untuk bumil. Mau tahu apa saja manfaat buah pisang untuk kehamilan? Simak beberapa manfaatnya berikut ini, Moms.

1. Mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan

Sudah bukan rahasia lagi, asam folat adalah nutrisi yang sangat vital dikonsumsi sebelum, saat, dan sesudah hamil. Berita baiknya, mengonsumsi pisang bisa membantu memenuhi kebutuhan asam folat harian bumil, lho. Asam folat dalam pisang membantu pertumbuhan janin lebih optimal, sehingga terhindar dari cacat bawaan dan lahir prematur.

2. Mengatasi anemia

Saat hamil, peredaran darah dalam tubuh Anda meningkat menjadi semakin deras, dan inilah yang memicu anemia kehamilan. Nah, dengan mengonsumsi pisang, maka risiko anemia saat hamil bisa terhindari, karena pisang kaya akan zat besi yang membantu melawan anemia.

Baca juga: 5 Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

3. Meredakan morning sickness

Khususnya di kehamilan trimester pertama, morning sickness adalah hal yang sangat umum terjadi. Bingung mengatasinya? Konsumsi pisang saja, Moms! Pisang kaya vitamin B6 yang sangat efektif meredakan mual dan muntah saat hamil.

4. Melancarkan pencernaan

Tak hanya enak, pisang juga merupakan buah yang kaya serat. Jadi, jika bumil sering mengalami sembelit atau konstipasi, rutin mengonsumsi pisang bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Serat pada pisang juga membantu mengusir racun dalam tubuh, sehingga tubuh Anda lebih sehat dan bebas sembelit.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pisang merupakan sumber vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Jika bumil rutin mengonsumsi pisang, maka tentu saja daya tahan tubuhnya akan meningkat dan terhindar dari infeksi.

6. Memberikan tambahan energi

Sering lemas dan merasa kurang berenergi saat hamil? Cobalah rutin mengonsumsi pisang, Moms. Pisang kaya energi dan bisa meningkatkan kadar energi Anda dalam waktu singkat, karena buah ini mengandung fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang sangat penting dalam menghasilkan energi untuk tubuh.

7. Mengenyangkan!

Saat morning sickness melanda, dokter akan menyarankan bumil untuk makan dalam porsi kecil tapi sering (small frequent feeding). Nah, agar Moms tidak terlalu kenyang tapi juga tidak lapar, Anda bisa mengonsumsi pisang sebagai camilan. Pisang kaya karbohidrat, yang akan membantu Anda merasa kenyang.

8. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Moms pasti sudah tahu, kalau pisang adalah sumber kalium terbaik. Kalium berguna untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh bumil agar tetap stabil. Moms sebaiknya rutin mengonsumsi pisang agar terhindar dari risiko preeklampsia atau tekanan darah tinggi saat hamil.

9. Mengurangi stres

Bumil mudah stres? Itu hal yang normal terjadi saat hamil. Namun, Anda bisa mengonsumsi pisang untuk membantu mengurangi stres dan rasa cemas berlebih di masa kehamilan. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)