Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

5 Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Moms, apakah Anda sering merasa lelah dan lemas akhir-akhir ini? Jika ya, bisa jadi tubuh Anda mengalami kekurangan darah atau anemia. Kondisi kurang darah bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi yang menyebabkan tubuh tidak bisa memproduksi hemoglobin. Akibatnya, Anda akan mudah merasa lelah, lemas, dan sakit kepala. Agar jumlah darah kembali normal, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan penambah darah. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini, Moms!

1. Daging sapi

Salah satu makanan yang ampuh untuk penambah darah adalah daging merah, seperti daging sapi, daging kambing, atau daging domba yang kaya zat besi. Dalam 100 gram daging sapi terkandung sekitar 2,7 mg zat besi. Jumlah tersebut sudah memenuhi 15% dari asupan harian yang disarankan.

Kandungan zat besi dalam daging merah berguna untuk menambah jumlah darah, sehingga bisa membantu mencegah anemia. Tidak hanya daging merah, daging unggas seperti ayam dan bebek mengandung zat besi tinggi yang juga baik untuk mencegah anemia. Meskipun begitu, alangkah baiknya jika Anda tidak mengonsumsi daging secara berlebihan karena hal tersebut bisa meningkatkan risiko kolesterol dan serangan jantung.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah dua jenis makanan yang termasuk makanan penambah darah. Selain kaya zat besi, kacang-kacangan juga mengandung protein dan folat yang berperan penting untuk pembentukan sel darah merah.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang disarankan adalah kacang almond, karena mengonsumsi 1 ons kacang almond setiap hari bisa memberikan 6 persen zat besi ke dalam tubuh. Selain kacang almond, kacang kedelai dan kacang hitam juga dipercaya baik untuk menambah darah. Sedangkan jenis biji-bijian yang baik untuk menambah darah adalah biji wijen dan biji labu.

Baca juga: 7 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil, Dukung Perkembangan Janin

3. Sayuran berwarna hijau gelap

Tak hanya daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian, sayuran berwarna hijau gelap juga mengandung banyak zat besi yang baik untuk menambah jumlah darah di dalam tubuh. Beberapa jenis sayuran berwarna hijau gelap antara lain bayam, sawi, dan brokoli. Selain sayuran berwarna hijau gelap, sayuran lainnya seperti kentang dan lobak juga bermanfaat untuk menambah darah dalam tubuh.

4. Roti, oat, dan sereal

Makanan penambah darah selanjutnya adalah roti, oat, dan sereal yang diketahui bisa memberikan 20 persen zat besi untuk tubuh, sehingga mampu mencegah anemia. Selain zat besi, makanan ini, khususnya sereal, juga diperkaya dengan vitamin B12 dan asam folat yang tidak kalah baiknya untuk kesehatan tubuh Anda.

5. Buah-buahan

Untuk mencegah terjadinya anemia, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan penambah darah sekaligus memperlancar aliran darah, seperti plum, kismis, anggur, apel, dan melon. Selain itu, kandungan vitamin C dalam jeruk juga merupakan salah satu nutrisi penting bagi Anda penderita anemia, karena bisa membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Seperti yang Anda ketahui, zat besi membantu produksi sel darah merah di dalam tubuh. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)