Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Bumil Bisa Terapi Air di Rumah

Bumil Bisa Terapi Air di Rumah

Ada beberapa terapi kehamilan yang diketahui bermanfaat.  Salah satunya, terapi air atau dikenal dengan hidroterapi. Menurut Kanti Musyariah, Sst.F.T., fisioterapis dari Klinik Sasana Patra, hidroterapi kehamilan bisa dilakukan di rumah bila Si Ibu tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya di tempat khusus.

 

Saat terapi, Anda tidak butuh busana renang. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan non-kaus dan tidak menyerap air untuk memudahkan pergerakan Anda. Perlu diingat, sebelum terapi, Anda harus mengetahui denyut nadi Anda. Bumil dengan tekanan darah tinggi tidak disarankan untuk hidroterapi. Jadi, apa saja yang bisa Anda lakukan dengan media air di rumah? Berikut cara terapi air, seperti dilansir www.whattoexpect.com.


1.  Berendam di air hangat minimal 10 menit akan membantu menghilangkan rasa lelah.

2.  Semprotkan air dingin ke wajah Anda saat kontraksi datang. Air sejuk akan membantu Anda tenang dan berkonsentrasi.

3.  Kompres leher dengan handuk yang direndam air dingin untuk mengurangi rasa lelah dan membantu Anda bernapas lebih teratur dan dalam.

4.  Saat kontraksi semakin kencang, kompres punggung bawah Anda dengan air hangat untuk mengurangi nyeri yang terjadi.

5.  Pada saat melahirkan, air akan membantu rahim membuka, sehingga sakit karena kontraksi dapat berkurang. Berendam di saat kontraksi datang akan membuat Anda merasa nyaman. (Gita/DMO/Dok. M&B)