Type Keyword(s) to Search
TODDLER

6 Langkah Mudah Melakukan Perawatan Kaki Balita

6 Langkah Mudah Melakukan Perawatan Kaki Balita

Terlalu lama mengenakan sepatu atau terlalu sering bertelanjang kaki di tempat yang kurang bersih dapat menjadikan kaki Si Kecil tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak.

Karena itu, menjaga kebersihan kaki sangat penting dilakukan agar terbebas dari kuman dan bau tak sedap.

Untuk itu, yuk, ikuti 6 langkah mudah melakukan perawatan kaki atau pedicure untuk balita Anda di rumah berikut ini, Moms!


Langkah 1

Siapkan wadah berisi air hangat, kemudian rendam kaki Si Kecil di dalamnya selama 5-10 menit. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih.


Langkah 2

Potong kuku kaki Si Kecil. Menurut American Academy of Dermatology, agar kuku anak tidak mudah patah, sebaiknya potong kukunya dengan bentuk rata, namun sedikit membulat di bagian ujung.


Langkah 3

Berishkan kotoran-kotoran yang ada di sela-sela kuku kaki Si Kecil menggunakan spoon nail cleaner.


Langkah 4

Sikat kuku kaki Si Kecil menggunakan sikat khusus kaki anak yang berbulu lembut.


Langkah 5

Untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat di kaki anak, usapkan scrub kaki yang aman untuk balita di bagian tumit. Mau scrub yang alami? Moms bisa campurkan 2 sendok makan gula pasir dengan 3 sendok makan essential oil.


Langkah 6

Bersihkan scrub dari kaki Si Kecil, kemudian keringkan dengan handuk. Pijat lembut juga kakinya untuk melancarkan peredaran darah.


Tips

• Agar tidak menjadi sarang bakteri, hindari penggunaan sepatu yang sama setiap hari.

• American Orthopaedic Foot and Ankle Society merekomendasikan penggunaan sepatu dari bahan kanvas atau kulit. Bahan ini memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga menekan pertumbuhan bakteri.

• Setelah cuci kaki, jangan lupa mengeringkan sela-sela jari Si Kecil ya.

Selamat mencoba, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)