Type Keyword(s) to Search
BABY

Si Kecil Suka Bercermin? Ini 5 Manfaat Bercermin untuk Bayi

Si Kecil Suka Bercermin? Ini 5 Manfaat Bercermin untuk Bayi

Moms, coba perhatikan deh, Si Kecil sering kali menunjukkan perilaku lucu saat melihat bayangan dirinya di cermin. Hmm, mengapa bayi suka sekali bercermin ya, Moms?

Menurut Dr. Ari Brown, dokter spesialis anak dari Kansas yang juga penulis buku Baby 411: Clear Answers and Smart Advice for Your Baby's First Year, bayi pada umumnya sangat suka melihat wajah atau ekspresi tertentu, apalagi ekspresi menyenangkan seperti yang ia buat di depan cermin. Ekspresi bingung, kaget, meraih, atau mencium itu terjadi karena ia belum tahu bahwa yang ada di cermin tersebut adalah bayangannya sendiri.

Berita baiknya, kegiatan bercermin ini tidak hanya menyenangkan buat bayi, tetapi juga bisa memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya lho, Moms. Apa saja sih manfaat bercermin untuk bayi? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya, Moms.

Manfaat bercermin buat bayi

1. Merangsang kecerdasan

Ketika bayi berusia 0-6 bulan, Anda bisa memanfaatkan cermin untuk merangsang kemampuan visual dan melatih bayi berbagai ekspresi bahasa tubuh. Angkat atau gendong bayi hingga ia bisa melihat bayangan wajahnya sendiri di dalam cermin. Setelah matanya fokus ke cermin, mainkan mimik-mimik lucu dan unik di depan cermin. Bermain mimik di depan cermin selain bisa merangsang kemampuan visual Si Kecil, juga bisa merangsang memori untuk mengenali dan merekam bermacam-macam mimik.

Baca juga: Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Ketika bayi berusia 6-12 bulan, Anda bisa memakai cermin untuk merangsang kecerdasannya. Pangku Si Kecil saat Anda sedang bercermin lalu tanyakan kepadanya, "Siapa itu yang ada di cermin?" Dengan begitu, bayi akan terbiasa melihat dan menyadari bahwa ternyata bayangan yang ia lihat di cermin itu adalah dirinya sendiri.

2. Belajar mengenal anggota tubuh

Selain belajar membuat mimik, Moms juga bisa mengajarkan bayi mengenal anggota tubuhnya. Caranya, sambil bercermin kenalkanlah anggota tubuh Si Kecil. "Ini tangan, ini hidung, dan ini mulut" sambil memegang satu per satu anggota tubuhnya. Dengan cara itu, anak bisa belajar mengenal nama-nama anggota tubuh dan menyebutkannya dengan tepat.

3. Mengajarkan berhitung

Pada bayi usia 6-12 bulan, cermin bisa dipakai untuk mengajari Si Kecil berhitung dengan menggunakan jari tangan. Ajarkan saja hitungan sederhana, seperti "Ini tangan, tangan ada dua. Ini jari, jari ada sepuluh. Ayo hitung satu, dua, tiga, dan seterusnya." Lakukan hal itu sambil bercermin, dan lihat sendiri apa yang bisa bayi Anda tiru. Jangan lupa memberi pujian jika Si Kecil menunjukkan kecerdasannya ya, Moms.

4. Menambah kemampuan motorik

Cermin juga bisa dijadikan alat untuk mengajari anak berbagai gerakan dasar gerakan fisik. Misalnya, pada anak 0-6 bulan, contohkan gerakan mengangkat kepala, tengkurap, dan telentang sambil menghadap cermin. Percayalah, Moms, bayi sekecil itu bisa mengingat gerakan yang Anda ajarkan, lho.

Baca juga: Perkembangan Motorik Kasar Bayi 0-12 Bulan

5. Meningkatkan interaksi sosial

Interaksi dengan cermin juga bisa mengembangkan kemampuan sosialisasi dan meningkatkan rasa percaya diri bayi. "Kesadaran atas kondisi dan kemampuan yang ia lihat di cermin, nantinya akan membuat Si Kecil jadi bangga dan makin percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain," jelas Dr. Brown.

Baca juga: Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Bayi

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Nagaets/Freepik)