Type Keyword(s) to Search
BABY

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

Bayi Anda kini sudah berusia 2 bulan, Moms. Dalam waktu 2 bulan ini, Si Kecil sudah mengalami banyak perkembangan, lho. Melansir What to Expect, bayi di usia 2 bulan sudah mulai banyak melihat kehidupan.

Tak hanya sekadar minum susu dan tidur, di usia ini, bayi Anda sudah mulai lebih banyak bergerak seperti menggerakkan tangan dan kaki, tersenyum, mengangkat kepalanya sebentar dan menggerakkan kepalanya dari satu sisi ke sisi lainnya, memperhatikan wajah orang yang berada di sekitarnya, dan bahkan merespons suara yang didengar. Di usia ini, Moms bisa mulai memberikan stimulasi yang tepat agar tumbuh kembangnya makin optimal.

Nah, berikut ini tahap perkembangan bayi usia 2 bulan yang penting untuk Moms ketahui, yang sekaligus bisa membantu Anda memberikan stimulasi tumbuh kembang yang tepat.

1. Bayi mulai melihat perbedaan objek dan warna

Dilansir dari WebMD, di usia 2 bulan Si Kecil sudah mulai bisa melihat banyak objek di sekitarnya dengan lebih jelas, terutama yang berjarak kurang lebih 60 cm dari wajahnya. Selain itu, bayi Anda juga sudah mampu melihat perbedaan warna dengan jelas. Namun, warna-warna cerah tetap menjadi perhatian utamanya. Ini artinya, ketika menyusui atau berada di dekatnya, Si Kecil sudah mulai mengenali wajah Anda, Moms. Ia bahkan bisa menyadari, ketika Anda bergerak atau berjalan di dekatnya.

2. Bayi mulai banyak tersenyum

Bayi di usia 2 bulan biasanya sudah mulai banyak tersenyum. Ia mungkin akan tersenyum ketika Moms berada di dekatnya. Atau saat Moms memberikan senyuman manis kepada bayi Anda, Si Kecil mungkin akan membalas senyuman dari Moms. Di sisi lain, saat tersenyum tubuh bayi akan melepaskan hormon bahagia yang kemudian membuat Si Kecil merasa aman dan nyaman berada di dekat Anda, Moms.

3. Bayi mulai mendengar dengan jelas

Di usia 2 bulan, pendengaran Si Kecil cenderung sudah makin baik dan meningkat. Si Kecil mulai bisa membedakan suara-suara yang ada di sekitarnya. Misalnya, saat Moms memanggil namanya, ia akan mulai terbiasa dengan suara tersebut. Tak heran, jika nantinya bayi bisa memberikan respons seperti menengok atau melirik saat namanya dipanggil.

4. Bayi mulai mengenali wajah orang-orang di sekitarnya

Seperti sudah dijelaskan, di usia 2 bulan bayi Anda sudah mulai mengenali wajah orang yang sering berinteraksi dengannya. Di tahap perkembangan ini, Moms bisa berikan stimulasi dengan lebih sering mengajaknya berinteraksi. Pastikan jarak Anda dan bayi tidak lebih dari 60 cm, agar ia bisa berlatih mengenali wajah Anda.

5. Bayi mulai berkomunikasi dengan bahasa tubuh

Di usia 2 bulan, bayi memang belum bisa berbicara. Namun, ia mulai berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh. Misalnya, bayi akan menatap wajah Anda ketika Anda sedang berbicara. Bahkan tak jarang, Si Kecil juga mengeluarkan suara-suara sederhana yang terdengar seperti ocehan untuk menyahuti ucapan Moms, seperti “aah” atau “ooh”.

6. Bayi mulai mengangkat kepala

Seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil, otot-otot di tubuhnya, terutama di bagian lengan, kaki, dan kepala juga akan makin kuat. Sebagai contoh, di usia 2 bulan bayi Anda sudah bisa mengangkat kepala lebih sering. Ini diawali dengan gerakan halus yang melibatkan tangan dan kaki, kemudian gerakan refleks mengangkat kepala, yang nantinya akan makin terarah.

7. Bayi mulai mampu memiringkan tubuh

Tak hanya mengangkat kepala, di usia 2 bulan bayi juga mulai mampu memiringkan tubuhnya. Ia akan bergerak seperti berguling, dengan memiringkan badan ke kanan atau ke kiri. Di tahap ini, Moms harus ekstra hati-hati, ya. Jangan biarkan bayi memiringkan tubuh tanpa pengawasan, terutama jika berada di tempat tidur yang tinggi. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepic.Diller/Freepik)