Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Makanan untuk Ibu Hamil Muda agar Anak Jadi Cerdas

Makanan untuk Ibu Hamil Muda agar Anak Jadi Cerdas

Buat para Moms yang sedang hamil, Anda pastinya menginginkan agar kelak janin dalam kandungan menjadi anak yang cerdas ketika lahir dan tumbuh besar nantinya. Namun, tahukah Anda bahwa kecerdasan anak sebenarnya sudah bisa dikembangkan sejak dini, bahkan sejak Si Kecil masih berada dalam kandungan?

Ya, perkembangan otak dan kognitif bayi telah dimulai sejak ia masih janin dalam kandungan, Moms. Nah, perkembangan tersebut sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang Anda konsumsi selama masa kehamilan. Karena itu, makanan untuk ibu hamil muda berperan penting agar janin tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas.

Jadi, buat bumil yang menginginkan anak cerdas dan memiliki IQ tinggi, Anda memerlukan sumber makanan sehat bergizi. Berikut ini M&B merekomendasikan beberapa makanan yang perlu dikonsumsi bumil agar otak dan sistem syaraf janin dalam kandungan berkembang dengan optimal dan menjadi anak yang cerdas saat lahir nanti.

1. Ikan

Asam lemak omega-3 merupakan unsur yang berperan penting dalam perkembangan otak. Sayangnya, omega-3 adalah lemak esensial, ini artinya tubuh tidak dapat memproduksi secara sendiri, sehingga Anda perlu mendapatkannya melalui makanan atau suplemen.

Salah satu sumber omega-3 yang sangat tinggi terdapat pada ikan, seperti salmon, makerel, tenggiri, sarden, halibut, tuna, dan kod. Bumil disarankan untuk makan ikan sebanyak 2 porsi atau lebih setiap minggu.

Meskipun begitu, perhatikan saat mengonsumsi ikan ini ya, Moms. Ada ikan hasil tangkapan dari perairan yang tercemar sehingga mengandung unsur logam berat beracun yang berbahaya bagi perkembangan janin. Selain itu, hindari juga mengonsumsi ikan mentah. Lebih baik masak dulu ikan hingga matang sebelum dikonsumsi.

2. Telur

Telur merupakan sumber makanan yang mudah diperoleh. Telur kaya asam amino kolin, terutama di bagian kuningnya, yang sangat baik untuk mendukung perkembangan otak janin Anda, Moms. Selain itu, telur mengandung protein, lemak, vitamin, dan mineral yang baik, juga asam lemak omega-3.

Namun, perhatikan kualitas telur yang Anda konsumsi ya, Moms. Masak telur hingga matang sempurna dan hindari makan telur yang tidak dipasteurisasi karena berisiko mengandung bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi. Bayam juga kaya zat besi. Kedua zat tersebut berperan penting selama masa kehamilan. Asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf (NTD), kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang.

Baca juga: 7 Manfaat Konsumsi Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin

Menurut penelitian, anak-anak yang ibunya mengonsumsi asam folat secara keseluruhan akan memiliki tingkat kecerdasan emosional dan ketahanan yang lebih tinggi serta kosa kata yang lebih banyak. Adapun zat besi membantu untuk mengirim oksigen ke sel-sel otak janin di masa kehamilan, dengan begitu perkembangan otak janin pun akan optimal.

Yang perlu diperhatikan, pastikan Anda mencuci semua sayuran dengan bersih sebelum mengolah dan mengonsumsinya, Moms!

4. Berry

Bumil juga sebaiknya rajin mengonsumsi buah-buahan. Nah, berbagai jenis buah berry seperti blueberry, strawberry, dan raspberry, selain memiliki rasa yang segar, juga bisa membantu optimalisasi pembentukan sistem syaraf pada janin dalam kandungan. Berry kaya fitokimia yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas yang merusak sel dan melindungi jaringan otak janin dari radiasi serta membuat otak janin jadi lebih sehat.

Pastikan juga Anda mencuci bersih semua buah-buahan yang akan Anda makan ya, Moms.

Baca juga: Buah yang Aman untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes

5. Kacang-kacangan

Makan kacang-kacangan selama kehamilan juga bisa membantu bayi mengembangkan kecerdasannya. Kacang-kacangan seperti almond dan walnut merupakan sumber asam folat yang sangat baik untuk bumil dan janin. Almond sendiri kaya protein, lemak sehat, magnesium, dan vitamin E. Selain itu, almond dan walnut juga mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam perkembangan otak.

Nah, mengonsumsi berbagai makanan bergizi tersebut secara rutin selama kehamilan akan bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak sejak di dalam kandungan, Moms. (M&B/SW/Foto: Freepik)