Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, Jaringan Pendidikan Semua Murid Semua Guru (SMSG) meluncurkan gerakan "Muda, Merdeka, Berkarya" pada 16 Agustus 2019 lalu, yaitu inisiatif kerja barengan dengan para konten kreator untuk mendorong pelibatan publik menuju perubahan pendidikan Indonesia pada 16 Agustus 2019 lalu. Gerakan ini mengajak pendidikan Indonesia untuk berpihak pada anak.

Masa depan Indonesia perlu diciptakan dengan mendidik anak berkompetensi holistik (keterampilan interpersonal, daya refleksi, literasi, dan lain-lain), bukan berfokus mengejar nilai UN yang masih bersifat akuisisi konten (sekadar menghafal). Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan pendidik yang juga berkompetensi holistik (merdeka belajar, kritis, dan lain-lain) dalam ekosistem pendidikan dengan dukungan tata kelola birokrasi yang berpihak pada anak.


Anak Adalah Subjek Utama Pendidikan

Najelaa Shihab, inisiator SMSG, mengungkapkan tantangan pendidikan Indonesia saat ini, "Anak, sebagai subjek utama dalam pendidikan, hampir selalu dikorbankan. Setiap kali berbicara tentang gawat darurat pendidikan, akses yang terbatas, kualitas yang belum mengantar anak mencapai kompetensi dan ketidaksetaraan kesempatan (walau sudah dilindungi undang-undang), maka kita semua harus membayangkan betapa besarnya skala perubahan pendidikan yang perlu kita upayakan bagi 83 juta anak Indonesia. Bukan untuk sebagian saja, tapi semua dan setiap anak. Bukan untuk 5 tahun ke depan saja, tetapi konsisten sampai puluhan tahun berikutnya."

Najelaa juga menyebutkan bahwa memenuhi hak anak sebagai warga negara, berpihak pada masa depannya, merupakan tanggung jawab kita bersama. Kita tidak bisa hanya menunggu pemerintah dan menyukseskan programnya. Kita perlu belajar, bergerak, melakukan inovasi dan praktik, serta terus bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan dan menjadi publik berkarya yang mengambil peran untuk semua dan setiap anak Indonesia.

Inisiatif "Muda, Merdeka, Berkarya" hadir sebagai salah satu bentuk kerja barengan secara nyata yang melibatkan para konten kreator yang dapat mengamplifikasi pesan kepada publik dan mendorong keterlibatan semua pihak untuk perubahan pendidikan Indonesia.

Di peluncuran perdana "Muda, Merdeka, Berkarya", Andien Aisyah, Vidi Aldiano, Gritte Agatha, Hujan Tanda Tanya, Kok Bisa, pasangan Ario Pratomo dan Nucha Bachri, serta Everidea sebagai konten kreator yang selama ini dengan berbagai cara telah menyuarakan pesan pendidikan dengan caranya masing-masing, ke depannya juga akan terus melakukan hal ini dan akan ada berbagai aktivasi yang dilakukan, antara lain video, podcast, dan materi berkualitas lainnya di kanal masing-masing.

"Semua Murid Semua Guru mengajak semua yang peduli untuk terus melakukan percakapan tentang pendidikan Indonesia yang berpihak pada anak, harapannya dapat mempercepat pencapaian dampak positifnya. Setiap anak muda harus ambil peran untuk pendidikan, karena kita generasi masa depan," jelas Farli Sukanto, Koordinator Divisi Pelibatan Publik Semua Murid Semua Guru.


Tentang Semua Murid Semua Guru (SMSG)

Semua Murid Semua Guru (SMSG) sendiri adalah jaringan dan wadah alternatif yang belum pernah dimiliki dunia pendidikan, dalam menyatukan keterlibatan seluruh aktor pendidikan. Jaringan ini menjadi simpul berbagai pemangku kepentingan pendidikan - komunitas dan organisasi, media dan korporasi, kementerian dan lembaga, juga pemerintah daerah untuk terus melakukan inovasi dan berkolaborasi dalam mendorong perubahan pendidikan.

Saat ini, sedikitnya 473 komunitas dan organisasi pendidikan, yang melibatkan sebanyak 357.329 relawan di 252 kabupaten/kota, serta bekerjasama dengan 15 kementerian/lembaga dan 28 media massa, telah melakukan berbagai program bersama di penjuru Indonesia.

SMSG melakukan berbagai upaya untuk menyebarluaskan berbagai solusi nyata yang bisa diadaptasi dan diperbesar skalanya dalam ekosistem pendidikan Indonesia. Moms bisa ikuti aktivitas Jaringan Semua Murid Semua Guru di media sosial, yaitu di:

Youtube: Semua Murid Semua Guru

Facebook: Semua Murid Semua Guru

Instagram: @semuamuridsemuaguru

Twitter: @SMSG_id (M&B/SW/Dok. Freepik, SMSG)