Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Duduk Terlalu Lama, Ini Alasannya

Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Duduk Terlalu Lama, Ini Alasannya

Kehamilan yang Anda jalani memang terasa melelahkan ya, Moms. Bahkan tak jarang, Anda lebih sering duduk dibandingkan melakukan aktivitas. Meski terbilang sederhana, duduk terlalu lama ternyata bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, khususnya selama masa kehamilan Anda, lho, Moms! Terutama jika hal ini dilakukan di usia kehamilan trimester kedua dan ketiga.

Baca juga: Ibu Hamil Mudah Mengantuk? Ini Alasannya

Risiko ibu hamil duduk terlalu lama

Duduk memang bukan hal yang membahayakan buat bumil. Namun, jika dilakukan terlalu lama, ada sejumlah risiko yang bisa menghantui kesehatan kehamilan Anda Moms, yakni:

1. Darah menggumpal dan beku

Posisi duduk akan menekan pinggul bagian bawah yang bisa menghambat peredaran darah. Dengan volume darah yang meningkat hingga 50 persen saat hamil, hal tersebut akan membuat darah menggumpal di bagian tubuh tertentu, seperti panggul dan kaki. Jika ini berlangsung dalam waktu lama, Anda bisa berisiko terkena penyakit trimbosis vena dalam (DVT) dan emboli paru yang sangat fatal bila terjadi pada Anda.

2. Kelebihan berat badan

Duduk yang terlalu lama bisa membuat Anda malas bergerak, sehingga berat badan juga bisa bertambah secara tidak sehat. Risiko dari hal ini adalah membuat proses melahirkan jadi sulit hingga timbulnya penyakit diabetes gestasional. Kemungkinan lainnya, Anda akan mengalami kelahiran preeklampsia, bayi lahir terlambat, bayi lahir melalui operasi caesar, hingga keguguran.

Baca juga: 5 Posisi Tidur untuk Ibu Hamil yang Aman dan Nyaman

3. Nyeri pada perut

Seiring bertambahnya usia kehamilan, perut akan membesar dan mungkin terasa nyeri. Hal ini dikarenakan rahim yang makin besar akan memenuhi rongga perut Anda. Maka, jika Anda terlalu lama duduk, rasa nyeri tersebut akan makin parah, sebab posisi tersebut membuat rongga perut makin tertekan.

4. Depresi

Dilansir dari Futurity, sebuah penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang duduk terlalu lama bisa memicu gejala depresi. Hal ini disebabkan tubuh Anda menjadi kurang bergerak, sehingga indeks massa tubuh (IMT) juga bertambah dan menjadi faktor-faktor timbulnya depresi pada bumil.

Durasi duduk yang aman untuk ibu hamil

Bumil tentu saja boleh duduk jika merasa lelah. Namun, menurut dr. Alan Hedge dari Cornell University, New York, AS, setiap Anda duduk selama kira-kira 20 menit, usahakan untuk berdiri dan meregangkan otot-otot Anda selama 8 menit.

Yang terpenting, imbangi juga dengan aktivitas fisik atau olahraga seperti berenang dan berjalan kaki secara rutin. Lakukan kegiatan di siang hari secara aktif untuk mengurangi jumlah waktu duduk Anda. Dan waktu yang lebih baik untuk beristirahat adalah saat menjelang sore hari, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)