Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Moms, Berikan Makanan Ini agar Gigi Anak Selalu Sehat

Moms, Berikan Makanan Ini agar Gigi Anak Selalu Sehat

Moms, menjaga kesehatan gigi balita tidak hanya dilakukan dengan cara menyikat gigi. Memberikan Si Kecil asupan makanan bergizi yang baik untuk kesehatan gigi juga merupakan hal penting.

Baca juga: Rekomendasi Sikat Gigi Lembut untuk Anak 1 Tahun ke Atas

Pada balita, gigi susu memang akan tanggal dengan sendirinya. Namun, bukan berarti kesehatan gigi Si Kecil bisa diabaikan begitu saja. Berikan perhatian ekstra pada gigi susu Si Kecil dengan mengajaknya menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari dan mengonsumsi makanan-makanan berikut ini.

Baca juga: Tanda Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasi saat Ia Rewel

1. Susu dan keju

Kalsium dalam susu dan keju mampu membantu menjaga kekuatan email gigi. Susu dan keju juga mengandung fosfat yang bisa bekerja sama dengan kalsium untuk menyeimbangkan pH dalam mulut. Mulut dengan pH seimbang akan mematikan bakteri penyebab gigi berlubang.

2. Telur

Telur adalah sumber kalsium, protein, dan vitamin D yang sangat baik, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan mulut. Vitamin D diperlukan untuk menyerap kalsium yang bisa membangun dan mempertahankan gigi kuat dan sehat.

3. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan sumber vitamin A yang berperan dalam pembentukan email gigi. Makanan lain dengan kandungan vitamin A yang baik buat gigi adalah wortel dan brokoli yang dikukus.

4. Apel

Apel bersifat abrasif dan bisa berfungsi seperti sikat gigi mini. Mengunyah apel juga merangsang produksi air liur, sehingga bakteri penyebab gigi berlubang dapat terhapus dan membersihkan plak gigi. Selain itu, apel juga kaya dengan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain apel, wortel dan seledri juga mengandung banyak air dan kaya akan serat yang bisa menghilangkan plak dan baik untuk kesehatan gigi Si Kecil.

Baca juga: Cara Sederhana dan Ampuh Membersihkan Karang Gigi Sendiri

5. Jeruk

Vitamin C yang terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, kiwi, pepaya, dan strawberry bisa membantu menjaga kesehatan gusi dan melindungi dari gingivitis atau peradangan gusi. Buah-buahan tersebut juga mengandung rendah gula, sehingga meminimalkan kemungkinan pembusukan gigi.

Baca juga: Gigi Anak Hitam? Ini Penyebabnya dan Cara Mencegahnya

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan camilan yang enak. Tidak hanya itu, kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi, misalnya kacang almond, kacang tanah, dan kacang mede, yang mampu melindungi gigi dengan mineral yang terkandung di dalamnya.

7. Air

Karena tidak mengandung gula, air baik untuk membilas sisa-sisa makanan yang terjebak di antara gigi. Air juga mengandung fluoride, yaitu mineral yang bisa memperkuat email gigi. (M&B/SW/Foto: Freepik)