Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Langkah Melembutkan Rambut Bayi

5 Langkah Melembutkan Rambut Bayi

Rambut Si Kecil terasa kering? Atau tekstur rambutnya terasa kasar? Tidak perlu khawatir, Moms. Anda bisa merawat kelembutan rambut bayi sejak dini, dengan memijatnya perlahan dan lembut menggunakan minyak zaitun murni atau lidah buaya. Kedua bahan ini tidak hanya bermanfaat untuk anak yang berambut lurus, tetapi juga untuk rambut ikal atau keriting kok, Moms. Bagaimana gerakan memijatnya? Ikuti beberapa gerakan di bawah ini, ya.


5 Gerakan Mudah

Gerakan 1: Cuci rambut bayi secara merata dengan sampo khusus bayi. Sambil dicuci, pijat-pijat kulit kepala Si Kecil dengan lembut ya, Moms.

Gerakan 2: Bilas hati-hati dengan air sampai tak ada lagi busa sampo yang tersisa, lalu keringkan dengan handuk.

Gerakan 3: Pijat lagi kulit kepala bayi dengan lembut, lalu ulangi pengeringan dengan handuk untuk memastikan rambutnya benar-benar kering.

Gerakan 4: Saat rambut Si Kecil kering, teteskan minyak zaitun secukupnya ke telapak tangan Anda, lalu pijatkan ke kulit kepala Si Kecil perlahan. Jika rambut bayi Anda sangat kering, coba gunakan lidah buaya secukupnya untuk memijat.

Gerakan 5: Setelah pemakaian minyak zaitun atau lidah buaya merata, sisir rambut bayi perlahan dengan sisir kecil bergigi jarang. Lalu, lanjutkan penyisiran dengan sisir sikat yang lembut untuk membantu melembutkan helaian rambut.


Cara Mengolah Lidah Buaya

Walau terlihat lancip dan tajam, namun mengolah lidah buaya tidak sesulit yang Anda bayangkan lho, Moms. Ikuti 3 langkah mudah untuk mengolah lidah buaya di bawah ini.

1. Cuci batang lidah buaya di air mengalir.

2. Kupas kulit lidah buaya, kemudian ambil bagian daging yang berlendir.

3. Gosokkan bagian berlendir tersebut ke kulit kepala bayi.


Manfaat Lidah Buaya

Tidak hanya enak dimakan, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti:

1. Menutrisi kulit kepala dan rambut bayi, anak, juga orang dewasa.

2. Menstimulasi pertumbuhan rambut.

3. Mencegah kerontokan.

4. Memperbaiki rambut yang rusak, termasuk melembutkan rambut kasar.

5. Meredakan gatal di area kepala.

6. Membersihkan rambut dan menghilangkan minyak berlebih.

(M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)