Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Ciri Hamil Muda yang Mirip dengan PMS

7 Ciri Hamil Muda yang Mirip dengan PMS

Sebagian wanita mungkin saja ada yang belum benar-benar sadar bahwa dirinya hamil. Bahkan, mereka sering kali keliru hingga salah dalam membedakan ciri-ciri hamil muda dengan sindrom pramenstruasi (PMS). Memang, keduanya ternyata punya ciri-ciri yang sama karena adanya fluktuasi hormon pada tubuh.

Sindrom pramenstruasi atau biasa disebut PMS merupakan kondisi yang ditandai dengan perubahan psikologis, khususnya mood dan fisik tubuh yang berkembang di beberapa titik setelah Moms berovulasi di pertengahan siklus menstruasi dan akan berakhir ketika hari pertama menstruasi.

Gejala PMS akan ditandai dengan kondisi mood yang cepat berubah seperti mudah tersinggung, marah tiba-tiba, terlihat depresi, menangis, tubuh yang lemas karena kelelahan, timbulnya jerawat, nyeri pada payudara dan perubahan nafsu makan, termasuk ngidam makanan lho, Moms! Menurut Medicinenet, disebutkan bahwa hampir 90 persen wanita memiliki beberapa ciri hamil muda yang sama dan berhubungan dengan gejala menstruasi.

Lalu, seperti apa ciri-ciri hamil muda yang gejalanya mirip dengan PMS, Moms? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Sakit kepala

Sering mengalami sakit kepala setiap sebelum PMS, Moms? Nah ini juga yang akan dirasakan saat Anda hamil. Sakit kepala ini disebabkan adanya perubahan hormon. Jadi, segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan. Namun, Anda bisa lakukan tes kehamilan dahulu menggunakan test pack untuk memastikannya.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Tes Kehamilan?

2. Sakit punggung

Jika Moms merasakan sakit di punggung, ini menandakan menstruasi makin dekat. Namun, ini juga bisa menjadi salah satu ciri dan gejala kehamilan. Sama seperti sakit kepala, nyeri dan sakit punggung juga dipengaruhi oleh adanya perubahan hormon.

Baca juga: Cara Mudah untuk Atasi Sakit Punggung saat Hamil

3. Perubahan mood

Saat Anda lebih cepat dan mudah emosi serta cenderung marah-marah kemudian cemas berlebihan, bahkan hingga mudah menangis, ini merupakan gejala PMS dan juga bisa dikategorikan sebagai ciri-ciri hamil muda. Jika kondisi ini terjadi, jangan buru-buru menyebut ini PMS. Cobalah lakukan pemeriksaan awal untuk mengetahui apakah gejala itu hanya PMS atau memang Anda hamil.

4. Konstipasi atau sembelit

Konstipasi atau gangguan pencernaan (sembelit) disebabkan oleh perubahan hormon progesteron. Kadar hormon ini meningkat jumlahnya selama paruh kedua dalam siklus menstruasi dan biasanya terjadi saat pramenstruasi. Kondisi ini juga terjadi ketika hamil muda lho, Moms! Perubahan hormon saat hamil muda bisa menyebabkan sembelit.

5. Peningkatan siklus buang air kecil

Sering buang air kecil juga menjadi salah satu ciri dan gejala yang terjadi ketika Moms sedang hamil atau masuk siklus PMS sebelum menstruasi. Jika kondisi ini terjadi, pastikan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh.

6. Nyeri pada payudara

Nyeri pada payudara, pembengkakan payudara, atau bahkan payudara membesar bisa terjadi di awal kehamilan dan juga sebelum menstruasi. Moms akan merasakan payudara terasa berat, sakit, hingga sensitif di kedua kondisi ini.

7. Kram perut

Kram perut umumnya selalu terjadi pada PMS dan juga kehamilan muda. Kram yang sama untuk kedua kondisi tersebut terjadi di perut bagian bawah. Dikutip dari Medical News Today, saat fase kehamilan muda, kram ini terjadi berminggu-minggu hingga berbulan-bulan di mana kondisi implan embrio dan rahim membentang.

Itulah 7 ciri fase kehamilan muda yang gejalanya mirip dengan PMS yang Moms sebaiknya tahu. Ini perlu diperhatikan, apalagi saat kehamilan anak pertama agar bisa segera dilakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui apa saja yang harus Moms lakukan setelahnya. (M&B/SW/Foto: Freepik)