Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kunyit Asam?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kunyit Asam?

Buat para wanita Indonesia, minuman tradisional seperti jamu kunyit asam memang sangat digemari ya, Moms. Minuman dengan rasa asam menyegarkan ini memang dikenal banyak khasiatnya buat perempuan, mulai dari mengusir bau kurang sedap di tubuh hingga melancarkan menstruasi.

Selain banyak manfaatnya bagi kesehatan, rasa dari jamu kunyit asam ini juga enak, apalagi jika disajikan dingin. Wah, pasti sangat sulit untuk menolaknya ya, Moms.

Namun, bagaimana jika ibu hamil mau minum jamu kunyit asam? Bolehkah? Amankah untuk bumil dan janin? Untuk mengetahui jawabannya, baca infonya di bawah ini, Moms.

Memicu kontraksi

Saat hamil, mengonsumsi makanan atau minuman yang asam memang sangat menggoda ya, Moms. Namun, sebaiknya bumil tidak mengonsumsi jamu kunyit asam terlalu banyak terlebih dahulu, karena minuman yang satu ini dikhawatirkan bisa memicu kontraksi.

Kontraksi saat hamil memang wajar terjadi, terutama di trimester akhir atau menjelang waktu persalinan. Namun, jika terjadi sebelum itu, dikhawatirkan kontraksi bisa memicu persalinan prematur atau bahkan keguguran.

Baca juga: 7 Cara yang Sebaiknya Anda Lakukan saat Kontraksi Menghampiri

Manfaat kunyit buat ibu hamil

Kunyit memang jenis rempah yang tak hanya digunakan untuk bahan minuman, tetapi juga sering digunakan sebagai bumbu dasar berbagai masakan khas Indonesia, sebut saja kari, opor, nasi kuning, ikan bakar, dan berbagai macam makanan lainnya.

Melansir Parents, Lizzy Swick, MS, RDN, seorang pakar nutrisi, mengatakan bahwa kunyit bermanfaat untuk meredakan bengkak dan lebam pada ibu hamil. Kunyit juga bisa meredakan sakit punggung dan nyeri sendi lho, Moms.

"Kunyit juga baik untuk mencegah konstipasi dan melancarkan saluran cerna. Kunyit juga meningkatkan sistem imun tubuh, yang membantu bumil terhindar dari flu dan alergi saat hamil," jelas dokter Lizzy pada Parents. Lebih lanjut, ia pun menjelaskan bahwa kunyit juga baik untuk menyeimbangkan kadar gula darah saat hamil.

Baca juga: 14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Anda

Walau banyak manfaatnya, kandungan kurkumin dalam kunyit bisa menimbulkan berbagai masalah buat bumil jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Beberapa masalah tersebut antara lain persalinan prematur dan keguguran. Karena itu, jika bumil mengalami pusing dan mual setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kunyit, sebaiknya jangan makan atau minum itu lagi ya, Moms. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)