Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Anda

14 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang digunakan untuk masakan di negara-negara Asia. Tanaman rempah yang termasuk dalam kelompok jahe-jahean ini juga bisa menjadi pewarna kuning alami pada makanan seperti gulai, opor, dan lain-lain.

Selain digunakan sebagai bumbu pada makanan, kunyit juga ternyata memiliki berbagai manfaat lho, Moms. Zat aktif kurkumin yang terdapat pada kunyit memiliki berbagai manfaaat bagi kesehatan. Nah, simak manfaat kunyit bagi kesehatan Anda berikut ini, Moms!

1. Meningkatkan antioksidan di tubuh

Zat aktif kurkumin pada kunyit merupakan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dengan cara menetralisirnya. Selain itu, kurkumin juga merangsang mekanisme antioksidan dalam tubuh.

2. Meredakan peradangan

Zat aktif kurkumin memiliki efek antiradang yang cukup kuat. Bahkan zat ini juga efektif digunakan pada beberapa obat peradangan dan tidak memberikan efek samping.

3. Meredakan depresi

Para ilmuwan menyebutkan bahwa kunyit berpotensi meredakan depresi dan membantu antidepresan (golongan obat untuk mengobati depresi) bekerja lebih baik.

4. Mencegah dan mengobati diabetes

Zat aktif kurkumin dapat membantu melawan peradangan dan menjaga kestabilan kadar gula darah sehingga dapat mencegah atau mengobati diabetes tipe 2.

5. Mencegah infeksi virus

Kunyit dapat membantu melawan berbagai virus, termasuk herpes dan flu.

6. Meringankan gejala PMS

Berdasarkan sebuah penelitian, suplemen yang mengandung kurkumin bisa membantu meringankan gejala nyeri haid atau premenstrual syndrome (PMS). Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki efek pereda nyeri alami yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

7. Mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer

Kunyit mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif, yang menurut peneliti berperan dalam perkembangan penyakit. Karena itu, mengonsumsi kunyit dapat membantu mencegah timbulnya Alzheimer. Kurkumin juga membantu membersihkan plak amiloid, faktor kunci dalam perkembangan penyakit.

8. Menjaga kesehatan kulit

Kunyit juga bermanfaat untuk perawatan kulit Anda Moms, termasuk mempercepat penyembuhan luka dan menenangkan pori-pori untuk membantu mengurangi jerawat.

9. Meredakan nyeri sendi

Bukti anekdotal memperlihatkan bahwa orang-orang dengan penderita arthritis yang secara teratur mengonsumsi kunyit dapat mengurangi nyeri sendi secara ringan sampai sedang dan mengurangi peradangan sendi.

10. Mengontrol berat badan

Kunyit juga dapat membantu Anda untuk mengontrol berat badan. Komponen-komponen dalam kunyit membantu menenangkan peradangan ringan yang terkait dengan obesitas dan meningkatkan lemak. Selain menjalankan diet sehat dan rutin berolahraga, mengonsumsi satu sendok teh bubuk kunyit setiap kali makan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

11. Meredakan sakit kepala

Kunyit biasanya direkomendasikan sebagai bahan alami untuk pengobatan sakit kepala, terutama untuk migrain.

12. Mengobati penyakit maag

Berdasarkan jurnal Systematic Reviews, diketahui bahwa kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag. Sebab zat aktif kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

13. Mencegah kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa kunyit bermanfaat dalam menghentikan pertumbuhan sel tumor, membantu detoksifikasi enzim bekerja lebih baik, dan masih banyak lagi.

14. Menunda penuaan

Jika kunyit dapat membantu mencegah penyakit kanker dan Alzheimer, tentu ini akan membuat Anda memiliki umur panjang. Karena hal inilah kunyit semakin populer sebagai suplemen antipenuaan.

Wah, ternyata banyak sekali ya, Moms, manfaat kunyit bagi kesehatan kita. Apakah Anda mulai tertarik mengonsumsi kunyit untuk menjaga kesehatan Anda, Moms? (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)