Type Keyword(s) to Search
BABY

4 Fakta Indra Penciuman Bayi

4 Fakta Indra Penciuman Bayi

Sejak lahir, bayi sudah memiliki indra penciuman yang kuat, bukan hanya untuk merasakan, tetapi juga mengenali keluarga dan lingkungan sekitarnya. "Pada saat lahir, indra penciuman bayi lebih baik dibanding indra penglihatannya," ujar Seema Scukas, M.D., dari Children's Healthcare of Atlanta, Amerika Serikat. Ya, jika dibandingkan dengan indra penglihatan yang butuh beberapa tahun untuk berkembang dengan baik, ketika baru dilahirkan, indra penciuman bayi sudah lebih 'maju'.

 

Pada usia sekitar 1 tahun, bayi sudah dapat membedakan aneka bau. Berikut 4 fakta mengenai indra penciuman bayi di tahun pertamanya:

 

1.  Sebelum dilahirkan, janin bisa mencium dan membaui. Sebuah studi menemukan, bayi berusia 3 hari sudah bisa mengenali bau khusus yang berasal dari air ketuban Sang Ibu.

2.  Saat lahir, Si Bayi akan tertarik dengan bau ASI. Dan saat berusia 2 minggu, ia bisa membedakan bau ASI milik Sang Ibu dengan ASI milik ibu lain.

3.  Sebuah studi di Swiss menemukan, bau yang familiar bagi Si Bayi mampu menenangkannya. Jika, bayi Anda tengah diimunisasi, bawa serta selimut yang memiliki aroma ASI Anda, atau barang lain dengan aroma yang dikenalinya, dan letakkan di dekatnya.

4.  Selama 2 bulan pertama usianya, bayi akan memilih aroma khas tubuh ibunya dibandingkan orang lain. Bahkan ketika Sang Ibu tengah penuh keringat, bagi Si Kecil, Sang Ibu tetap tercium seperti bunga mawar. (Rosa/SR/DMO/Dok. M&B)