Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Sayuran yang Punya Banyak Manfaat untuk MPASI Bayi

5 Sayuran yang Punya Banyak Manfaat untuk MPASI Bayi

Setelah Bayi Anda berusia 6 bulan, inilah saatnya Moms memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) pada Si Kecil. Di saat ini, Anda tentunya ingin memberikan makanan sehat yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Bukan hanya karbohidrat dan protein, Si Kecil juga butuh vitamin dan mineral. Hal ini juga dianjurkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang menyatakan bahwa Moms perlu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk anak sejak ia mulai mengonsumsi MPASI.

Seperti dikutip dari laman IDAI, sejumlah vitamin dan mineral yang sebaiknya ada dalam makanan pendamping ASI terutama adalah vitamin A, zat besi, dan zinc. Pemberian ASI semata sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan bayi akan kandungan vitamin dan mineral tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Si Kecil, Moms bisa berikan sayuran sebagai MPASI buah hati Anda. Namun, apa saja sayuran yang baik untuk Si Kecil? Berikut ini sejumlah sayuran yang punya banyak manfaat untuk MPASI bayi Anda, Moms.

1. Wortel

Sudah bukan rahasia lagi jika wortel penting untuk kesehatan mata. Wortel kaya akan beta karoten dan vitamin A yang bagus untuk membangun fungsi penglihatan. Khusus pada bayi, kandungan beta karoten dan vitamin A berperan dalam membantu pertumbuhan retina mata dan menjaganya tetap dalam kondisi baik.

Wortel juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Untuk pemberian MPASI, wortel bisa Anda kukus atau rebus hingga matang, kemudian dihaluskan atau dicampur dengan makanan lain. Seiring bertambahnya usia Si Kecil dan ia sudah mampu menggenggam dengan kuat, Moms bisa berikan wortel yang sudah dikukus atau direbus dan dipotong kecil-kecil sebagai finger food.

Baca juga: Kaya Vitamin A, Ini 5 Manfaat Wortel untuk MPASI Bayi Anda

2. Bayam

Sayuran hijau ini merupakan sumber nutrisi penting guna mendukung tumbuh kembang bayi. Bayam mengandung vitamin A, K, dan mineral seperti zat besi, kalsium, zinc, serat, folat, dan magnesium.

Seperti diketahui, zat besi berperan dalam perkembangan otak, sel saraf, dan sel darah merah, sedangkan zinc berguna untuk sistem kekebalan tubuh. Cara mengolah bayam untuk MPASI pun cukup mudah, Moms. Setelah dicuci bersih, kukus hingga lunak, dan haluskan.

Baca juga: Ini Kesalahan Umum saat Memasak Bayam

3. Tomat

Warna merah dalam tomat merupakan gambaran banyaknya jumlah antioksidan dalam buah. Bukan sekadar antioksidan biasa yang ada di dalamnya, tapi likopen yang merupakan salah satu jenis antioksidan terkuat. Bila Si Kecil terbiasa makan ini, tak hanya kebutuhan mineral dan vitaminnya terlengkapi, tapi tubuhnya jadi tak mudah terserang kanker dan penyakit terkait jantung.

Untuk mengolah tomat menjadi menu MPASI, pastikan Moms memasak dengan cara mengukus tomat sebelum mencampurkannya dalam MPASI sehingga kandungan asamnya berkurang dan lebih aman untuk perut bayi.

Baca juga: Ini 10 Alasan Kenapa Anda Harus Sering Konsumsi Tomat

4. Brokoli

Brokoli mengandung antioksidan dan nutrisi yang sangat baik buat tumbuh kembang bayi Anda. Brokoli punya banyak manfaat, misalnya untuk meningkatkan imunitas dan mencegah anemia.

Moms bisa mulai memperkenalkan brokoli sebagai menu MPASI Si Kecil saat ia sudah berusia lebih dari 10 bulan. Cara mengolahnya, rebus brokoli hingga benar-benar empuk kemudian haluskan dan jadikan menu MPASI.

Baca juga: Ragam Manfaat Brokoli untuk Menu MPASI Bayi Anda

5. Labu kuning

Selain bisa mengenyangkan karena kaya kalori tapi rendah lemak, labu kuning mengandung serat menyehatkan buat tubuh. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, E, zat besi, magnesium, kalium, folat, dan zinc berperan besar untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Untuk mengolahnya, Moms perlu mencuci labu kuning hingga bersih, kupas kulitnya, lalu potong-potong kecil-kecil daging buahnya, kemudian rebus atau kukus hingga empuk. (M&B/SW/Foto: Freepik)