Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Lupa Minum Pil KB? Lakukan Ini, Moms!

Lupa Minum Pil KB? Lakukan Ini, Moms!

Pil KB adalah salah satu jenis kontrasepsi yang banyak penggemarnya. Bagaimana tidak, pil KB memang efektif untuk mencegah kehamilan dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan.

Beberapa keuntungan tersebut misalnya bisa membuat siklus menstruasi menjadi teratur, berat badan tetap stabil, mengurangi risiko kanker rahim, mengurangi nyeri saat menstruasi, hingga bisa mengembalikan kesuburan dengan cepat.

Namun di lain sisi, pil KB juga memiliki kekurangan, yaitu harus rutin diminum di waktu yang sama setiap harinya. Lalu, bagaimana jika Moms lupa minum pil KB? Sebelum "kebobolan" terjadi, baca infonya di bawah ini ya, Moms.

Baca juga: 7 Tanda Anda Tidak Cocok Memakai IUD atau KB Spiral

Segera minum begitu ingat

Misalnya, kemarin Anda lupa mengonsumsi pil KB, maka solusi tepat untuk mencegah "kebobolan" adalah segera minum pil KB begitu Anda ingat. Jika Anda lupa minum 1 pil dalam waktu kurang dari 12 jam, maka Moms harus segera meminum pil KB yang terlupa, kemudian Anda bisa melanjutkan minum pil seperti biasa.

Jika Moms lupa minum 1 pil lebih dari 12 jam, maka minum pil yang terlupa, kemudian lanjutkan minum pil berikutnya (walaupun jarak waktunya berdekatan). Bagaimana kalau Moms baru ingat 2 hari kemudian? Maka minumlah 2 pil saat Anda ingat, dan minum 2 pil lagi keesokan harinya. Setelah itu, Anda bisa kembali ke jadwal dan dosis semula.

Jika lupa minum 3 pil

Ketika Moms lupa minum 2 pil, maka Anda bisa mengejar ketertinggalan tersebut dengan minum 2 pil sekaligus, dan minum 2 pil lagi keesokan harinya. Namun jika Moms lupa minum 3 pil atau bahkan lebih, maka sayang sekali, karena manfaat pil tersebut sudah tidak ada. Sangat disarankan Anda untuk berhenti mengonsumsi pil yang tersisa. Sebagai gantinya, disarankan menggunakan kondom saat berhubungan intim, hingga tiba periode menstruasi berikutnya (setelah ini Anda bisa mulai mengonsumsi pil KB lagi).

Bantuan darurat

Kini sudah banyak pil KB yang khusus ditujukan untuk keadaan "darurat" atau untuk mencegah terjadinya pembuahan ketika Anda dan pasangan berhubungan intim tanpa perlindungan kontrasepsi. Cara kerja pil ini cukup sederhana, yaitu mengentalkan lendir rahim dengan hormon progestin, sehingga sperma akan sulit masuk ke dalam rahim.

Jenis kontrasepsi darurat seperti ini bisa dibilang efektif, bahkan sebuah brand kontrasepsi mengklaim bisa mencegah kehamilan hingga 99 persen. Namun, meski efektif, pil ini harus dikonsumsi dalam waktu paling lambat 5 hari atau tidak lebih dari 120 jam setelah berhubungan tanpa perlindungan alat kontrasepsi.

Baca juga: Tips Cepat Hamil Setelah Berhenti Minum Pil KB

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)