Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Tips Cepat Hamil Setelah Berhenti Minum Pil KB

Tips Cepat Hamil Setelah Berhenti Minum Pil KB

Dari sekian banyak mitos seputar kontrasepsi, sulit hamil setelah berhenti minum pil KB adalah salah satu mitos yang sering beredar. Umumnya, Moms akan kembali subur dan bisa hamil setelah berhenti minum pil KB. Namun, memang sebagian wanita tidak bisa segera hamil. Walau begitu, tak perlu khawatir berlebih, Moms, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa cepat hamil setelah berhenti minum pil KB. Ikuti cara di bawah ini, ya.

Pil KB vs fertilitas

Mengutip WebMD, penggunaan pil KB tidak memberi dampak negatif pada fertilitas atau kesuburan. Sebuah penelitian menyebutkan, 72-94 persen wanita bisa langsung hamil dalam setahun setelah berhenti minum pil KB. Sedangkan pada pengguna IUD atau spiral, 71-96 persennya bisa hamil dalam setahun setelah melepas IUD.

Walau persentasenya cukup tinggi, WebMD mengingatkan kalau kembalinya fertilitas usai minum pil KB tidak berarti Anda akan segera hamil dalam waktu singkat. Beberapa wanita butuh waktu beberapa bulan untuk hamil setelah berhenti minum pil KB, dan beberapa wanita lainnya bahkan perlu waktu lebih lama. Semua ini juga dipengaruhi oleh usia, kesehatan, dan tentu saja gaya hidup.

Baca juga: Selain Mencegah Kehamilan, Ini Manfaat Kesehatan Pil KB

Tips cepat hamil setelah minum pil KB

Perlu Anda ingat, seberapa cepat Anda bisa hamil setelah berhenti minum pil KB juga ditentukan oleh banyak faktor ya, Moms. Namun, jika Anda ingin segera mendapatkan kehamilan, beberapa cara ini bisa Anda coba.

1. Hitung masa subur

Berhubungan intim tidak perlu dilakukan setiap hari, karena lebih disarankan berhubungan intim setiap 2 hari sekali dan di masa subur. Kini sudah banyak aplikasi ponsel untuk menghitung masa subur yang membantu meningkatkan peluang kehamilan karena Anda berhubungan intim di waktu yang tepat.

2. Hindari pelumas

Sering menggunakan pelumas saat bercinta? Jika ingin cepat hamil, hindari penggunaannya ya, Moms. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa pelumas dapat mengurangi pergerakan sperma menjadi kurang gesit dan kurang lurus, sehingga sulit mencapai sel telur dan membuahinya. Jika Moms ingin menggunakan pelumas, pilih yang berbahan dasar air dan tidak mengandung spermisida.

3. Jauhi stres

Baik setelah berhenti minum pil KB atau tidak, stres tentu dapat memengaruhi kesempatan Anda untuk bisa hamil. Stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan membuat siklus menstruasi jadi tidak beraturan. Hal ini tentu saja bisa memberi pengaruh pada kesempatan Anda untuk hamil.

4. Terapkan gaya hidup sehat

Setelah berhenti minum pil KB, gaya hidup juga menentukan cepat tidaknya Anda bisa hamil. Maka, cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat guna meningkatkan kesuburan Anda, seperti rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan memenuhi kebutuhan tidur.

5. Perhatikan usia

Usia turut memengaruhi kesempatan Anda untuk hamil lagi setelah berhenti minum pil KB. Jika usia sudah di atas 35 tahun dan Anda ingin hamil lagi, maka jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter kandungan untuk program hamil. Makin cepat dilakukan, makin baik lho, Moms.

Baca juga: Lupa Minum Pil KB? Lakukan Ini, Moms!

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)