Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

5 Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Saat hamil, sangat penting buat Anda mengonsumsi buah-buahan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi. Namun, ada beberapa jenis buah yang memang dianjurkan untuk dikonsumsi, dan sebaliknya, ada juga yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Nah, salah satu buah yang dianjurkan untuk bumil adalah delima (pomegranate), terutama delima merah.

Delima merah dikenal mengandung antioksidan yang tinggi dan zat besi, sehingga sangat dibutuhkan bumil dan janin untuk melengkapi kebutuhan nutrisi. Berikut ini beberapa manfaat delima untuk bumil.

Baca juga: 5 Buah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung Ibu Hamil

1. Memperlancar aliran darah

Delima dikenal memiliki kandungan air yang tinggi. Rutin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air akan membantu bumil terhindar dari dehidrasi. Selain itu, delima mengandung zat besi yang bisa membantu menurunkan risiko anemia yang menyebabkan kelahiran prematur. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengonsumsi delima guna memperlancar aliran darah di tubuh Anda, Moms.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya serat sangat dianjurkan saat hamil, karena bumil sangat rentan mengalami sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Guna mengatasinya, Moms dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, salah satunya adalah delima. Buah ini membantu melunakkan feses, sehingga mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya yang kerap dialami di masa kehamilan.

3. Membantu melawan radikal bebas

Pada dasarnya, radikal bebas adalah produk limbah yang harus dibuang dari dalam tubuh. Namun sayangnya, beberapa di antara racun-racun tersebut mungkin saja tetap tinggal di dalam tubuh dan mengganggu sel-sel sehat atau molekul DNA yang menyebabkan kerusakan pada tubuh secara internal dan juga bisa memengaruhi plasenta. Kandungan antioksidan dalam delima mampu membantu memperbaiki kerusakan sel dan melindungi otak anak dari kerusakan.

Baca juga: 8 Buah dengan Kandungan Protein Tinggi untuk Jaga Imun Tubuh

4. Membantu perkembangan otak bayi

Folat adalah elemen penting untuk perkembangan janin. Dengan mengonsumsi segelas jus delima, bumil bisa memenuhi setidaknya 10 persen dari kebutuhan folat harian Anda. Folat bekerja untuk mendukung perkembangan sistem saraf bayi dan menjaga perkembangan otak bayi.

5. Mengurangi kemungkinan cacat lahir pada bayi

Apa pun yang bumil konsumsi selama kehamilan tentu akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin di dalam kandungan. Nah, nutrisi yang terdapat di dalam delima bisa membantu mengurangi cacat lahir pada bayi Anda. Ini berkat kandungan folat dalam delima yang mampu mencegah terjadinya cacat tabung saraf sehingga janin akan tumbuh sempurna.

Jika selama masa kehamilan Moms tidak memenuhi kebutuhan asam folat, ini akan menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang belakang janin. Bumil cukup mengonsumsi delima merah satu kali per hari agar bisa memenuhi asupan asam folat di dalam tubuh selama masa kehamilan.

Baca juga: Ini Ciri-ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

(M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)