Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Buah dengan Kandungan Protein Tinggi untuk Jaga Imun Tubuh

8 Buah dengan Kandungan Protein Tinggi untuk Jaga Imun Tubuh
Jaga Imun Tubuh! 5 Buah dengan Kandungan Protein Tinggi / Freepik

Menjaga imunitas tubuh sangat penting agar tubuh tetap sehat dan bugar serta tidak mudah jatuh sakit. Tahukah Moms bahwa protein berperan besar dalam menjadi sumber energi sekaligus menjaga imun tubuh? Bahkan protein mampu menyimpan nutrisi serta menyebarkannya ke seluruh tubuh.

Ini pula yang membuat protein kerap berkaitan dengan diet sehat bagi yang rutin berolahraga atau sedang membangun otot. Seseorang yang gemar mengonsumsi protein disinyalir mampu meminimalisir kehilangan otot yang terjadi saat ia mulai menua.

Berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, rata-rata angka kecukupan konsumsi protein bagi masyarakat adalah sekitar 57 gram per hari. Dosis standar dalam sehari per 1 kilogram dari berat badan adalah 0,8 hingga 1 gram protein

Baca juga: Agar Cepat Hamil, Ini 7 Buah Penyubur Kandungan Terbaik

Umumnya, produk yang berasal dari hewan kerap dijadikan pilihan makanan dengan kandungan protein tinggi, seperti keju, telur, daging, susu, yoghurt, dan masih banyak lagi. Namun, protein yang dibutuhkan tubuh tidak hanya diperoleh dari hewan. Anda juga bisa memenuhi protein dengan mengonsumsi buah-buahan.

Ya, buah yang dikenal kaya akan vitamin serta serat juga bisa menjadi asupan protein yang akan melengkapi menu sehat Anda, Moms. Berikut ini buah yang punya kandungan protein tinggi.

1. Jambu biji

Setiap 100 gram jambu biji mengandung 2,6 gram protein. Selain itu, buah ini juga diketahui mengandung vitamin C yang bisa membantu meningkatkan imunitas sekaligus kesehatan kulit. Ditambah pula, buah dengan daging berwarna merah di bagian dalam ini dikenal sebagai sumber serat yang baik dan punya banyak kandungan antioksidan.

2. Kurma

Kurma merupakan buah tinggi protein, yakni sebanyak 2,4 gr protein. Tidak hanya itu, kurma juga mengandung kalium tinggi yang membantu menghindari beberapa masalah kesehatan dan merupakan sumber serat yang baik untuk membuat gula darah tetap stabil.

Baca juga: Manfaat Kurma Ajwa untuk Memperlancar Persalinan Anda

3. Alpukat

Memiliki kandungan lemak baik yang cukup tinggi, alpukat mengandung 2 gram protein untuk tiap 100 gram alpukat. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak baik yang bisa membuat kenyang lebih lama dan berperan dalam mencegah gangguan jantung. Magnesium dalam alpukat yang cukup tinggi juga bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot dan memulihkan kelelahan.

4. Aprikot

Aprikot mengandung 1,4 gram protein dalam setiap 100 gram buahnya. Buah ini sering kita jumpai dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Dan ternyata, kandungan protein dalam aprikot kering lebih tinggi daripada aprikot dalam keadaan segar.

Rutin mengonsumsi buah berwarna jingga ini juga akan membantu mengobati sembelit serta beragam manfaat positif lainnya untuk saluran pencernaan tubuh kita. Aprikot juga cocok untuk Anda yang kerap mengalami anemia serta ingin memiliki kulit tubuh yang sehat lho, Moms.

5. Nangka

Nangka termasuk salah satu buah dengan tinggi kandungan protein serta kaya akan zat gizi baik. Memiliki kadar protein sekitar 1,7 gram dalam 100 gram buahnya, nangka juga mengandung kalium, antioksidan, serta vitamin C dan sedikit vitamin A untuk membantu tubuh melawan melawan radikal bebas, mengontrol kolesterol dan gula darah, serta menstabilkan tekanan darah.

Baca juga: Ibu Hamil Makan Buah Nangka, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya

6. Pisang

Selain tinggi kandungan kaliumnya, buah ini juga kaya akan protein, lho. Ada 1,1 gram protein yang terkandung dalam 100 gram pisang. Manfaat lain dari buah ini untuk kesehatan adalah mempertahankan berat badan, menjaga sistem pencernaan bekerja optimal, dan membantu menjaga tekanan darah berkat kandungan kalium di dalamnya.

7.  Kiwi

Buah mungil berwarna hijau ini punya kandungan protein sebesar 1,1 gram per 100 gram. Kiwi juga mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, dan vitamin E. Walaupun berwujud kecil, kiwi dikenal kaya antioksidan dan sumber serat yang baik buat tubuh.

8. Jeruk

Tak hanya kaya vitamin C, jeruk juga merupakan buah yang mengandung protein yang sangat tinggi, yakni 1 gram protein dalam setiap 100 gram buahnya. Mengonsumsi jeruk bisa memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 8%. Tak hanya itu, jeruk juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan membantu pencernaan, serta menurunkan berat badan. (M&B/Oktavia Putri/SW/Foto: Freepik)