Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

5 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah saat Hamil

5 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah saat Hamil
5 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi tumit pecah-pecah saat hamil. (Foto: Dok. Wavebreak / Freepik)

Selama masa kehamilan, tubuh Moms akan mengalami banyak perubahan akibat hormon di dalam tubuh. Banyak masalah yang timbul karena hormon ini, termasuk gangguan pada kulit Anda Moms, seperti timbulnya jerawat, munculnya stretch marks, hingga tumit kaki Anda jadi pecah-pecah.

Lantas, apa penyebab tumit pecah-pecah saat hamil? Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan postur tubuh, cara Anda berjalan, atau Anda mengalami kenaikan berat badan. Namun, tidak perlu khawatir, karena kondisi semacam ini sangat wajar terjadi kok, Moms. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara mengatasi tumit pecah-pecah saat hamil.

Baca juga: Penyebab Telapak Kaki Pecah-pecah dan Cara Mudah Mengatasinya

1. Minum air putih 

Saat hamil, kulit Anda rentan mengalami kekeringan. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang menyebabkan kulit jadi kehilangan kelembapan dan elastisitasnya. Apalagi jika sebelum hamil kulit Anda memang sudah cenderung kering. Kulit yang kehilangan kelembapan alaminya akan membuat tumit Anda jadi pecah-pecah. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh untuk selalu menjaga kelembapan kulit Anda ya, Moms.

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Ibu Hamil Kurang Minum Air Putih

2. Mengoleskan foot cream

Cara ini merupakan cara yang paling umum dan mudah untuk dilakukan, yakni dengan mengoleskan foot cream. Oleskan foot cream setelah mandi atau saat tumit mulai terasa kering untuk mencegah dan mengatasi tumit pecah-pecah. Pastikan kandungan di dalam foot cream aman digunakan untuk bumil, ya.

3. Mengoleskan foot oil pada telapak kaki

Selain mengoleskan foot cream, bumil juga bisa mengoleskan foot oil pada telapak kaki yang berguna untuk memberi sekaligus menjaga kelembapan. Caranya, cukup oleskan foot oil pada tumit sebelum Anda tidur. Foot oil dianjurkan terutama bagi bumil yang mengalami kondisi tumit pecah-pecah yang cukup parah.

4. Rutin melakukan scrub kaki

Salah satu penyebab tumit pecah-pecah saat hamil adalah penumpukan sel-sel kulit mati. Untuk mengatasinya, Anda perlu rutin melakukan scrub pada kaki untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit pada bagian kaki Anda jadi lebih halus.

Baca juga: Selain Mengangkat Sel Kulit Mati, Ini Manfaat Body Scrub yang Perlu Anda Tahu

5. Jangan merendam kaki terlalu lama

Bumil biasanya lebih cepat merasa lelah dan pegal. Cara yang sering dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan merendam kaki dengan air hangat. Cara ini dipercaya mampu mengurangi ketegangan pada kaki. Namun, ternyata merendam kaki di air hangat bisa menarik kelembapan alami kulit. Jika Moms terpaksa harus merendam kaki dengan air hangat, pastikan tidak terlalu lama dan hindari menggunakan air yang terlalu panas.

Itulah beberapa cara mengatasi tumit pecah-pecah saat hamil yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Moms! (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Wavebreak/Freepik)