Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Olahraga Berenang Baik untuk Ibu Hamil, Ini 5 Manfaatnya

Olahraga Berenang Baik untuk Ibu Hamil, Ini 5 Manfaatnya

Buat Moms yang sedang hamil, Anda disarankan untuk tetap melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Dengan kegiatan fisik yang aman dan tepat, maka kesehatan tubuh Anda tetap terjaga hingga proses persalinan tiba.

Kebanyakan ibu hamil mungkin merasa enggan berolahraga karena takut jika janin di dalam kandungannya akan mengalami masalah. Namun, ada beberapa olahraga yang aman dilakukan bumil, salah satunya berenang.

Berenang saat hamil ternyata dapat memberikan berbagai manfaat tanpa berisiko membahayakan janin di dalam kandungan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 manfaat berenang buat bumil.

Baca juga: Salah Satunya Melawan Stres, Ini 12 Manfaat Olahraga Berenang

1. Meredakan pembengkakan kaki

Mengalami pembengkakan kaki adalah hal yang kerap kali dihadapi bumil. Rutin melakukan olahraga renang akan membantu Anda meringankan ketegangan dan rasa sakit pada tubuh serta bermanfaat untuk meredakan pembengkakan kaki yang sering dialami bumil.

2. Memperlancar peredaran darah

Rutin berenang saat hamil bisa membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga fungsi jantung bumil. Dengan begitu, hal tersebut akan membantu sistem pernapasan, sehingga kebutuhan oksigen untuk janin dan Moms juga akan berjalan dengan baik.

3. Membuat posisi janin sempurna

Melakukan olahraga renang di masa kehamilan bisa membantu janin mendapatkan posisi yang tepat di dalam rahim. Posisi janin yang sempurna akan memudahkan saat proses persalinan nanti. Selain itu, berenang juga bisa mengurangi risiko plasenta previa, kondisi di mana plasenta berada di bawah rahim, sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir dan bisa menyebabkan pendarahan hebat, baik sebelum maupun saat proses persalinan.

4. Menjaga berat badan

Saat hamil, sangat wajar jika Anda memiliki nafsu makan yang besar, karena asupan nutrisi yang bumil konsumsi akan diteruskan untuk janin sehingga akan bisa membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Namun, tidak jarang bumil memiliki nafsu makan yang berlebihan.

Idealnya, bumil butuh sekitar 300 kalori lebih banyak daripada kebutuhan kalori sebelum hamil. Kelebihan berat badan saat hamil bisa menyebabkan komplikasi selama kehamilan, seperti preeklampsia, kelahiran prematur, dan keguguran. Rutin berenang akan membantu Anda membakar kalori sebanyak 600 kalori dalam tubuh, sehingga Anda pun bisa menjaga berat badan agar tidak berlebihan selama hamil, Moms.

5. Menjaga kesehatan tubuh

Berdasarkan penelitian, rutin berenang sejak awal kehamilan memiliki peluang untuk bisa melahirkan lebih mudah dan cepat. Selain itu, rutin melakukan olahraga renang juga dapat membuat punggung Anda lebih sehat dan mengurangi risiko keguguran akibat pergerakan otot perut berlebihan yang berakibat ke janin.

Olahraga berenang bisa menjadi alternatif kegiatan fisik bagi bumil di usia trimester akhir. Pasalnya, di dalam air, tubuh Anda akan lebih bebas bergerak tanpa memberi tekanan pada sendi. Gaya dada menjadi pilihan terbaik untuk bumil karena tergolong aman, nyaman, tidak membuat tegang area leher, bahu, serta otot punggung. Hindari menyelam atau melompat, serta berenanglah di kolam dengan air dingin atau sejuk untuk meminimalisir risiko kepanasan.

Baca juga: Ini Kiat Memilih Baju Renang Saat Hamil

(M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)