Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Salah Satunya Melawan Stres, Ini 12 Manfaat Olahraga Berenang

Salah Satunya Melawan Stres, Ini 12 Manfaat Olahraga Berenang

Menjaga kesehatan sangatlah penting. Oleh karena itu, olahraga menjadi gaya hidup yang tak bisa ditinggalkan. Salah satu jenis olahraga yang kaya manfaat untuk menjaga kesehatan adalah berenang.

Tak hanya menyehatkan, berenang banyak digemari karena menyenangkan dan bisa dilakukan oleh semua orang lintas generasi dan gender. Lalu, apa aja manfaat berenang? Dilansir dari Medical News Today, berikut ini 10 manfaat olahraga berenang untuk tubuh.

1. Menggerakkan seluruh tubuh

Berenang membutuhkan koordinasi hampir setiap otot besar tubuh, karena membuat seseorang menggunakan lengan, kaki, dada, dan perut. Selain itu, berenang bisa meningkatkan detak jantung tanpa membuat tubuh jadi stres, meningkatkan kekuatan tubuh, membentuk otot, mendorong tubuh yang fit, serta membantu menjaga berat badan.

2. Memperkuat kesehatan jantung

Kesehatan kardiovaskular membutuhkan olahraga yang melatih jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah. Berenang secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan kardivaskular Anda. Sebuah studi menemukan bahwa perenang memiliki 53% risiko kematian lebih rendah dibandingkan orang yang punya gaya hidup sedentari.

3. Cocok untuk segala usia

Beberapa tipe olahraga bisa tidak cocok untuk orang yang tak biasa berolahraga. Meskipun begitu, berenang adalah olahraga yang bisa dilakukan semua orang, bahkan yang baru mulai berolahraga sekalipun. Berenang bisa dipelajari sejak kecil dan hampir seluruh kolam renang punya area khusus bagi yang baru mencoba berenang.

4. Menyenangkan engsel

Berenang tidak memberikan tekanan tambahan pada engsel, sehingga penyandang arthritis atau cedera engsel bisa tetap berenang. Pasalnya, air bisa mengurangi stres akibat beban tubuh pada engsel.

5. Baik untuk orang dengan cedera

Seseorang yang mengalami cedera mungkin bisa kesulitan untuk berolahraga. Kabar baiknya, orang-orang yang tak bisa berolahraga berat tetap bisa berenang, karena tubuh bisa terasa lebih ringan di dalam air.

6. Baik untuk penyandang disabilitas

Punya kondisi disabilitas fisik seperti paraplegia dan lumpuh pada tubuh bagian bawah, opsi olahraga yang bisa dilakukan tentu sangat terbatas. Namun, berenang bisa menjadi pilihan yang ideal karena air menyediakan dukungan yang baik bagi tubuh saat bergerak.

7. Membantu asma

Berenang bisa membantu mendorong kapasitas paru-paru dan memperbaiki kontrol napas. Meskipun begitu, Anda tetap perlu berhati-hati karena disinfektan yang digunakan dalam kolam renang bisa berdampak buruk bagi gejala asma.

8. Memperbaiki gejala sklerosis

Air bisa membantu tubuh untuk mengapung, sehingga orang dengan sklerosis ganda bisa diuntungkan dengan dukungan yang disediakan oleh air. Sebuah studi menemukan bahwa berenang bisa membantu mengurangi nyeri akibat sklerosis ganda.

9. Aman dilakukan saat hamil

Berenang adalah salah satu olahraga yang disarankan untuk ibu hamil. Beban tubuh yang makin bertambah bisa membuat nyeri otot dan sendi selama hamil. Oleh karena itu, berenang sangat populer bagi ibu hamil karena air bisa membantu menahan berat tubuh. Meskipun begitu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika ingin berenang saat hamil ya, Moms.

10. Membantu meregulasi gula darah

Sebuah studi menemukan bahwa berenang bisa membantu memperbaiki kontrol gula darah dan sensitivitas insulin.

11. Membantu memperbaiki pola tidur

Sebuah studi menemukan bahwa olahraga yang baik bisa membantu mengatasi insomnia. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), 1 dari 3 orang dewasa di Amerika Serikat tidak memiliki durasi tidur yang cukup. Nah, berenang bisa membantu mengatasi masalah ini.

12. Meningkatkan suasana hati

Berenang bisa membantu tubuh melepaskan lebih banyak endorfin, hormon yang bisa membantu memperbaiki suasana hati. Sebuah studi menemukan bahwa berenang bisa membantu memperbaiki suasana hati bagi pengidap demensia. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)