Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

12 Makanan Pencegah Badan Lemas saat Hamil

12 Makanan Pencegah Badan Lemas saat Hamil

Kebahagiaan saat hamil memang bisa membuat Moms selalu bersemangat. Namun, rasa lelah, lesu, lemas, atau bahkan malas bisa menghantui Anda. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan berikut yang tetap bernutrisi dan punya rasa lezat untuk bumil, Moms!

1. Pisang

Pisang mengandung zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium, yang mampu mencegah anemia. Mengonsumsi pisang saat sarapan akan bisa mengurangi gejala morning sickness serta membuat tubuh lebih bersemangat dalam beraktivitas.

2. Quinoa

Quinoa merupakan jenis makanan pengganti karbohidrat dengan indeks glikemik rendah, sehingga bisa menjaga kestabilan kadar gula darah. Makanan ini kaya protein, serat, lemak sedang, vitamin, mineral, dan mengandung semua asam amino esensial dalam jumlah yang diperlukan. Dengan begitu, Moms akan merasa cepat kenyang dan mencegah badan jadi lemas.

Baca juga: 7 Manfaat Quinoa untuk Kesehatan Tubuh Anda

3. Almond

Kacang almond bisa menjadi pereda mual dan muntah, karena di dalamnya terkandung protein nabati sebagai sumber tenaga. Kacang ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh bumil serta janin, karena kaya akan antioksidan, dan potasium yang melancarkan peredaran darah.

4. Labu

Labu mengandung kadar air yang tinggi sehingga mampu mencegah dehidrasi saat hamil. Di dalamnya juga terkandung magnesium dan zinc yang bisa membantu mengatasi rasa mual akibat fluktuasi hormon, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan imunitas. Kandungan asam folatnya juga tinggi, sehingga membantu perkembangan otak janin, lho.

5. Jahe

Salah satu jenis obat herbal ini punya rasa dan aroma yang khas, sehingga akan membantu otak mengontrol rasa mual. Mengonsumsi jahe, baik dicampur dengan teh maupun susu atau dalam bentuk permen bisa membantu tubuh terasa segar dan rileks. Namun, jangan mengonsumsi terlalu banyak agar tak membuat perut Anda kembung ya, Moms.

6. Jeruk

Jeruk memang mengandung vitamin C, kalium, zinc, dan zat besi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rasa asam dan aromanya yang segar cukup ampuh meredakan mual muntah yang dialami bumil.

7. Yoghurt

Sebagai salah satu olahan dari susu, yoghurt punya kadar kalsium yang tinggi. Tak hanya itu, vitamin dan bakteri probiotik di dalamnya juga mampu melawan rasa lelah dan membantu membersihkan sistem pencernaan Anda.

Baca juga: Bukan Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Yoghurt buat Ibu Hamil

8. Apel

Kandungan antioksidan dalam apel punya fungsi istimewa, yaitu melindungi tubuh bumil dari paparan radikal bebas. Karena kadar airnya juga cukup tinggi, Moms tentu akan terhindar dari dehidrasi, rasa mual, serta sakit kepala setelah mengonsumsi buah ini.

9. Kacang merah

Kacang merah yang bisa Anda olah untuk menu sehari-hari akan membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh sehingga membantu mencegah anemia serta kaya zat besi yang bermanfaat setelah Anda melahirkan.

10. Lobak

Kelelahan bisa disebabkan oleh kekurangan kalsium dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi lobak hijau, sayuran ini akan mampu membuat Anda lebih kuat saat hamil.

11. Delima

Delima bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah Anda lho, Moms! Kandungan airnya pun tinggi, sehingga akan bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

12. Oatmeal

Tak hanya dijadikan sebagai menu diet, oatmeal juga baik dikonsumsi bumil. Oatmeal kaya protein dan serat, sehingga tubuh jadi lebih berenergi setelah Anda mengonsumsinya. Kandungan karbohidrat kompleksnya pun bisa membuat Moms merasa cepat kenyang. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)