Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Sepatu Pertama Si Kecil

Sepatu Pertama Si Kecil

Tahukah Anda bahwa anak yang baru mulai berjalan akan melangkah sebanyak 176 langkah dalam 1 menit? Nah, saat Si Kecil mulai belajar berjalan, biarkan ia berlatih dengan bertelanjang kaki di dalam rumah. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan dan keamanan di dalam rumah sebelum ia berjalan ke sana-sini. Berlatih tanpa menggunakan alas kaki akan membuat kakinya menjadi lebih kuat dan berkembang secara natural.

 

Setelah ia sudah mampu berjalan dengan percaya diri dan ingin bermain di luar rumah, barulah Anda bisa memberinya sepatu agar kakinya tidak kesakitan saat berjalan di atas permukaan yang kasar. Dilansir dari Babycentre, sepatu yang dipilih untuk Si Kecil hendaknya terbuat dari bahan yang lembut dengan sol sepatu yang fleksibel dan ringan. Agar lebih aman, berikan ia sepatu yang dilengkapi dengan velcro atau tali supaya sepatu tidak mudah copot saat dipakai dan tidak membahayakan jari-jari kakinya jika ia terjatuh.

 

Anda pun perlu mengukur kaki Si Kecil setiap 6-8 minggu sekali. Kaki batita cepat sekali tumbuh, jadi jangan sampai sepatu yang ia kenakan sempit dan menyakiti kakinya. Berikan ruang setidaknya 1 cm pada bagian ujung jempol dan ujung bagian belakang kakinya, serta perhatikan lebar sepatunya-- apakah cukup untuk kaki-kaki mungilnya saat ia berdiri. (Sagar/DMO/Dok. M&B)