Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester 3

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester 3

Ketika kehamilan memasuki trimester ketiga, yakni sejak minggu ke-28 sampai minggu ke-40, organ-organ tubuh janin sudah mulai terbentuk dan berfungsi. Berat badan janin di dalam kandungan juga bertambah. Karena itu, Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat saat hamil trimester ketiga. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi? Simak ulasannya berikut ini, Moms!

1. Aneka daging

Aneka daging seperti daging merah tanpa lemak dan daging ayam tanpa kulit yang mengandung banyak lemak baik, protein, vitamin, dan mineral, seperti kalsium, folat, dan zat besi sangat diperlukan ibu hamil di trimester ketiga. Makanan ini juga sebenarnya bisa Anda konsumsi mulai dari trimester pertama.

Ketika membeli, pastikan daging masih dalam kondisi segar ya, Moms. Lalu, saat menyiapkan daging, pastikan Anda memasaknya hingga benar-benar matang, karena daging mentah mengandung banyak kuman yang berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil.

Baca Juga: 4 Alasan Daging Kurang Matang Dilarang untuk Ibu Hamil

2. Buah-buahan

Buah mengandung banyak nutrisi penting untuk bumil, seperti serat, antioksidan, air, kalium, folat, natrium, dan vitamin C. Semua nutrisi itu memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan bumil dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan pada trimester ketiga. Ada beberapa buah-buahan yang bisa Anda konsumsi, seperti:

Strawberry mengandung kalium, asam folat, vitamin B, dan C yang sangat baik untuk kesehatan bumil dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Melon mengandung banyak air, serat, zat besi, vitamin A dan C, kalium, serta asam folat. Semua kandungan tersebut berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh bumil, menunjang perkembangan janin di dalam kandungan, mencegah dehidrasi, mengatasi sembelit, mencegah anemia, dan mengatur sistem tekanan darah.

Pisang merupakan salah satu buah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk bumil, terutama di trimester ketiga, karena pisang mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, kalium, dan zat besi yang bisa membantu mencegah sembelit dan menyehatkan pencernaan.

Jeruk mengandung banyak vitamin C, kalium, air, asam folat, dan serat yang merupakan nutrisi penting untuk bumil di trimester ketiga. Semua kandungan tersebut berperan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sembelit, mengontrol tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan membantu perkembangan janin.

Alpukat mengandung lemak baik, serat, asam folat, vitamin B6, C, dan K. Kombinasi kandungan baik ini bisa mengurangi morning sickness, membantu tubuh menyerap nutrisi secara efektif, mencegah cacat syaraf pada janin, mencegah sembelit, membuat cepat kenyang sehingga membantu mengontrol kenaikan berat badan bumil, dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin. 

Baca juga: 10 Buah yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

3. Kacang-kacangan

Tak hanya buah-buahan, makanan lain yang baik dikonsumsi bumil di trimester ketiga adalah kacang-kacangan. Mengapa? Karena kacang mengandung protein, lemak sehat, vitamin dan mineral, seperti kalium, kalsium, folat, vitamin B, magnesium, dan zat besi yang baik untuk kesehatan bumil dan janin di dalam kandungan.

Baca juga: 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

4. Ikan

Selain aneka daging, Anda bisa memilih ikan sebagai menu lauk pauk. Ini karena ikan mengandung zat besi yang diperlukan bumil dan janin. Kekurangan zat besi saat hamil bisa menyebabkan anemia yang memicu pusing dan cepat merasa lelah pada bumil. Selain zat besi, ikan juga mengandung protein yang menjadi asupan penting untuk bumil di trimester ketiga.

Salah satu ikan yang bisa Anda konsumsi adalah salmon. Ikan ini kaya asam lemak omega-3 yang bisa membantu mengoptimalkan perkembangan otak bayi. Selain itu, salmon juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) yang mendorong pembentukan dan perkembangan sistem saraf bayi serta menurunkan risiko depresi pada ibu usai melahirkan.

Baca juga: Jenis Ikan yang Perlu Dihindari Ibu Selama Kehamilan

5. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya serat yang sangat penting untuk bumil, karena mampu mencegah sembelit yang sering terjadi di kehamilan trimester ketiga. Tak hanya kaya serat, sayuran berdaun hijau juga mengandung banyak mineral lain seperti kalium, kalsium dan zat besi yang juga sangat penting untuk bumil.

Baca juga: 10 Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

6. Susu dan olahannya

Susu mengandung banyak vitamin dan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi dan protein yang diperlukan bumil. Mengosumsi susu atau produk olahannya bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin dan meringankan sakit perut atau heartburn yang sering dirasakan, serta memenuhi kebutuhan nutrisi harian bumil. Dengan begitu, tubuh Anda dan janin tidak akan kekurangan nutrisi. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih produk olahan susu lainnya, seperti yoghurt dan keju. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Alicia Petresc/Unsplash)