Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Bahaya Kurang Tidur pada Ibu Hamil

Bahaya Kurang Tidur pada Ibu Hamil

Pentingnya tidur untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi, tidak terkecuali untuk ibu hamil. Namun, tidak sedikit bumil yang mengeluhkan mengalami gangguan tidur. Perlu diketahui, sulit tidur selama masa kehamilan sebenarnya adalah hal yang wajar, karena adanya perubahan hormonal, rasa nyeri, kram, dan mual.

Namun, meskipun hal tersebut wajar, kurang tidur saat hamil bisa berdampak buruk untuk bumil dan janin di dalam kandungan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini M&B telah merangkum penyebab sulit tidur dan akibat kurang tidur pada bumil dan cara mengatasinya.

Penyebab sulit tidur pada ibu hamil

Ada beberapa hal yang menyebabkan bumil sulit tidur, antara lain:

1. Adanya perubahan hormonal

Seperti diketahui, wanita akan mengalami perubahan hormonal di masa kehamilan. Perubahan hormonal tersebut bisa berupa peningkatan dan penurunan hormon secara drastis. Perubahan hormonal secara drastis ini tentunya bisa mengganggu siklus tidur bumil.

2. Frekuensi buang air kecil meningkat

Selain adanya perubahan hormonal secara drastis, bumil akan mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan janin yang menekan kandung kemih Anda, sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil. Oleh karena itu, bumil akan sering terbangun untuk buang air kecil.

3. Mengalami nyeri, mual, dan cemas

Rasa nyeri yang biasa dirasakan bumil, seperti nyeri di bagian punggung bawah dan ulu hati bisa menyebabkannya sulit tidur. Rasa mual juga bisa membuat bumil jadi sulit tidur dan membuat Anda terjaga sepanjang malam sehingga berakibat kurang tidur. Selain itu, bumil juga kerap mengalami perasaan cemas di masa kehamilan. Rasa cemas memikirkan kehamilan, persalinan, atau kesehatan janin bisa membuat Anda jadi sulit tidur dan berakibat kurang tidur.

Bahaya kurang tidur pada ibu hamil

Kurang tidur pada bumil bisa berdampak pada gangguan kesehatan yang dialami, seperti:

1. Berisiko mengalami diabetes gestasional. Kurang tidur pada bumil bisa menyebabkan perubahan kadar glukosa darah di dalam tubuh. Hal ini tentu bisa membuat bumil mengalami peningkatan nafsu makan. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa memicu diabetes gestasional

2. Meningkatkan risiko kelahiran prematur

3. Berisiko mengalami preeklampsia, salah satu penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan serius bagi bumil dan janin di dalam kandungan

4. Masalah kurang tidur yang terjadi secara terus-menerus bisa menghambat pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Baca juga: Kaki Kram saat Tidur, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi sulit tidur pada ibu hamil

Untuk mengatasi masalah sulit tidur, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini, Moms.

  • Mandi air hangat untuk membuat tubuh rileks, sehingga membantu Anda cepat terlelap di malam hari
  • Perbanyak minum air putih
  • Rutin berolahraga ringan saat hamil, seperti bersepeda, berjalan santai, dan lainnya
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Gunakan bantal dan guling yang nyaman, serta jaga suasana kamar tidur tetap tenang dan nyaman.

(M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Bearfotos/Freepik)