Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Pir untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Pir untuk Ibu Hamil

Selama menjalani masa kehamilan, Moms disarankan untuk memperhatikan asupan nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang punya nilai gizi tinggi, seperti makan sayur dan buah secara teratur. Salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi bumil adalah pir.

Pir merupakan salah satu buah tropis yang selain memiliki rasa lezat, juga kaya nutrisi. Berikut ini M&B telah merangkum beberapa manfaat pir untuk ibu hamil. Apa saja? Simak ya, Moms!

Baca juga: Buah yang Aman untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes

Amankah mengonsumsi pir saat hamil?

Pada dasarnya, pir aman dikonsumsi selama masa kehamilan. Ini karena buah tersebut mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bumil, seperti vitamin E, C dan A, niasin, kalsium, fosfor, zat besi, betain, asam folat, kolin, selenium, dan asam pantotenat. Ada berbagai cara untuk mengonsumsi pir, Moms. Anda bisa memakannya secara langsung atau juga bisa mencampurkannya ke dalam smoothie.

Perlu diperhatikan ya Moms, jumlah pir yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan adalah sekitar 1-3 buah ukuran sedang per hari. Pastikan juga Anda sudah mencuci pir terlebih dahulu dengan bersih sebelum dikonsumsi.

Manfaat pir untuk ibu hamil

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa bumil peroleh dengan rutin mengonsumsi pir.

1. Mencegah sembelit

Salah satu masalah yang umum dialami dan sering dikeluhkan bumil adalah sembelit. Sembelit saat hamil bisa terjadi karena berbagai macam faktor, mulai dari perubahan hormon hingga pola makan yang buruk. Kabar baiknya, pir bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi sembelit yang Anda alami, berkat kandungan serat yang tinggi di dalamnya.

2. Mengurangi morning sickness

Sering mengalami mual dan muntah di awal hamil? Konsumsi pir saja, Moms. Kandungan vitamin B6 di dalam pir mampu membantu mengurangi morning sickness seperti mual dan muntah. Tak hanya itu, vitamin B6 juga bisa membantu menunjang perkembangan fungsi kognitif dan motorik pada janin di dalam perut Anda, Moms.

Baca juga: 8 Buah yang Bisa Membantu Menghilangkan Rasa Mual

3. Mencegah bayi lahir cacat

Pir mengandung asam folat yang merupakan asupan nutrisi yang penting dan sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Kandungan asam folat dalam pir bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat dan menurunkan risiko bayi lahir prematur.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Pir mengandung vitamin C yang cukup tinggi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda, Moms. Asupan vitamin C yang tercukupi dengan baik akan mampu menurunkan risiko Anda terserang penyakit seperti flu dan batuk.

5. Membantu penyerapan nutrisi

Vitamin C yang terkandung di dalam pir selain mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh juga membantu menyerap nutrisi dari makanan, terutama zat besi. Zat besi sendiri sangat bermanfaat untuk perkembangan janin karena fungsinya dalam pembentukan darah dan sistem peredaran darah, Moms. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Azerbaijan_stockers/Freepik)