Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Begini Cara Merawat Rambut Keriting Anak

Begini Cara Merawat Rambut Keriting Anak

"Wah, lucu sekali rambutnya keriting!" Kalimat tersebut biasanya terlontar dari mulut Anda ya, Moms, ketika melihat anak kecil dengan rambut keritingnya. Bahkan mungkin terkadang Anda juga tak bisa menahan keinginan untuk menyentuh rambut keriting yang menggemaskan tersebut.

Terlepas dari kata lucu, sebenarnya merawat rambut keriting Si Kecil tidaklah mudah, karena jenis rambut ini biasanya mudah rapuh, rentan terhadap kerusakan, kekeringan, dan kusut. Sehingga bagi Moms yang punya anak berambut keriting, Anda tentunya perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk dan teknik merawat rambut Si Kecil.

Buat Moms yang mungkin masih kesulitan, Anda bisa mengikuti beberapa cara mudah berikut saat merawat rambut keriting Si Kecil.

1. Jangan terlalu sering keramas

Melansir laman FirstCry Parenting, terlalu sering mengeramasi Si Kecil dengan sampo justru akan membuat rambutnya jadi kering dan kusam. Padahal rambut keriting membutuhkan lebih banyak kelembapan. Moms bisa mengeramasi Si Kecil 2 kali dalam seminggu karena rambut keriting Si Kecil cukup rapuh.

Anda juga bisa mengeramasi rambutnya hanya dengan menggunakan kondisioner, karena sampo yang mengandung sulfat (detergen) yang mampu membersihkan rambut dengan baik justru bisa menghilangkan kelembapan dan produksi minyak pada rambut, sehingga rambut Si Kecil jadi kering dan rentan terhadap kerusakan.

2. Tangani rambut kusutnya dengan tepat

Rambut keriting Si Kecil memang mudah kusut. Untuk meminimalisasi kekusutan rambutnya, Moms bisa memilih produk yang dirancang khusus untuk rambut keriting anak agar kegiatan mencuci rambut Si Kecil juga lebih mudah dan membuat tekstur rambutnya lebih lembut.

Kekusutan rambut Si Kecil ini juga bisa diatasi dengan menggunakan kondisioner karena bisa menghaluskan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. Saat memakaikan kondisioner pada anak, Moms bisa membiarkannya selama beberapa menit sambil merapikan rambutnya yang kusut. Setelah dibilas, Moms bisa menyisir rambut Si Kecil menggunakan sisir bergigi lebar atau menggunakan jari.

3. Pilih produk yang tepat

Memilih produk yang sesuai dengan tekstur rambut keriting Si Kecil merupakan hal yang esensial untuk merawat rambutnya. Moms bisa memilih produk perawatan rambut yang aman dari silikon, sulfat, dan bebas paragon. Namun, bila Anda bingung memilih produk perawatan rambut Si Kecil, jangan sungkan untuk menanyakan pada ahlinya.

4. Membuat rambut anak tampak segar

Bentuk rambut Si Kecil yang keriting akan terlihat jelas setelah ia keramas. Namun untuk tetap menjaga kesegaran rambutnya sehingga terlihat tampak keriting sempurna, Moms bisa menyemprotkan sedikit air yang sudah dicampur dengan kondisioner pada rambutnya yang keriting.

Setelah itu, Anda bisa mulai menata rambutnya agar tekstur rambut keritingnya bisa terlihat dengan jelas. Bila Anda tidak punya waktu yang banyak, cukup semprotkan rambut menggunakan air campuran kondisioner tersebut lalu biarkan rambutnya kering.

5. Pakai kondisioner setelah keramas

Setelah menggunakan kondisioner saat keramas, Anda mungkin akan membilasnya. Namun, untuk menjaga kelembapan dan membuat rambut keriting Si Kecil lebih halus dan tampak keriting sempurna, Moms bisa memakaikan kondisioner pada rambutnya setelah ia selesai mandi. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)