Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Ini 8 Manfaat Apel bagi Kesehatan Anak Anda, Moms!

Ini 8 Manfaat Apel bagi Kesehatan Anak Anda, Moms!

Apel, selain rasanya enak, buah yang satu ini cukup mudah didapatkan dengan jenis dan harga yang beragam. Namun, apel bukan sekadar enak, lho. Seperti kata pepatah, an apple a day keeps the doctor away, apel juga memiliki manfaat bagi kesehatan buah hati Anda, Moms. Berikut ini manfaat apel buat anak.

Baca juga: Apel, Lebih Sehat Dimakan dengan Kulit atau Dikupas?

1. Kaya antioksidan

Apel memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan yang baik dalam tubuh akan menjaga jantung anak tetap sehat dan berfungsi dengan normal.

2. Sumber vitamin dan mineral

Dalam buah apel, terdapat kandungan vitamin yang cukup beragam, mulai dari vitamin A, vitamin B1, B2, dan vitamin C yang punya peranan penting dalam sistem pertumbuhan Si Kecil. Selain itu kandungan mineralnya, seperti yodium, fosfor, zat besi, dan kalsium, juga baik buat pertumbuhan tulang, organ kulit, serta jaringan otak buah hati Anda.

3. Berserat tinggi

Serat pada apel tak kalah banyak jika dibandingkan dengan pisang. Moms tentunya sudah tahu manfaat mengonsumsi makanan berserat tinggi bagi pencernaan Si Kecil. Ya, serat berguna untuk mencegah anak mengalami sembelit dan diare. Namun Moms perlu memastikan, Si Kecil makan apel berserta kulitnya, ya. Pasalnya, kandungan vitamin, serat, dan nutrisi lainnya, banyak terdapat pada kulit apel. Untuk itu, jangan lupa mencuci apel hingga bersih sebelum dikonsumsi anak, Moms!

4. Mencegah kanker

Penyakit kanker tidak hanya dialami orang dewasa, tapi juga anak-anak. Salah satu cara untuk mencegah Si Kecil mengalami penyakit yang satu ini adalah dengan rutin memberikan apel kepadanya. Senyawa triterpenoids yang terdapat dalam kulit apel bisa mencegah sel kanker berkembang dalam tubuh.

5. Mengontrol kalori

Perubahan tren gaya hidup dan konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan akan membuat anak rentan mengalami obesitas. Moms bisa menghindari kondisi ini dengan menjaga asupan makanan Si Kecil dan menyediakan apel untuknya. Apel bermanfaat untuk mengontrol kalori yang ada di dalam tubuh anak dan mencegahnya mengalami obesitas.

6. Menjaga kesehatan kulit

Seperti halnya orang dewasa, kesehatan kulit anak juga perlu dijaga. Namun, berbeda dengan Moms, kulit Si Kecil mungkin akan mengalami sensitivitas yang tinggi apabila terlalu sering menggunakan produk perawatan kulit. Sebagai alternatif, Moms bisa memberi asupan gizi yang baik untuk kulit, seperti buah apel. Kandungan vitamin C dan E yang terdapat dalam apel mampu menjaga kulit anak tetap lembut, segar, dan tentunya sehat.

7. Efek terhadap penglihatan

Selain kandungan antioksidan yang tinggi, di dalam apel juga terkandung phytonutrien. Senyawa ini berperan melawan zat kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh dan baik untuk regenerasi otot mata. Dengan begitu, apel memiliki efek dalam menjaga kesehatan mata dan penglihatan Si Kecil.

8. Mengurangi risiko asma

Penyakit asma merupakan salah satu gangguan pernapasan yang umum terjadi, termasuk di kalangan anak-anak. Moms bisa mengurangi risiko penyakit asma pada Si Kecil dengan rutin memberinya apel. Kandungan antioksidan pada apel cukup ampuh untuk melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif.

Jadi, tunggu apalagi Moms. Yuk, sediakan apel untuk anak Anda. Jangan lupa untuk selalu memilih apel yang masih segar dan berkualitas baik agar manfaatnya buat kesehatan anak bisa maksimal. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)