Type Keyword(s) to Search
TODDLER

7 Superfood untuk Membuat Balita Anda Tumbuh Cerdas

7 Superfood untuk Membuat Balita Anda Tumbuh Cerdas

Setiap orang tua tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Selain tumbuh sehat dan kuat, Moms tentunya ingin melihat Si Kecil menjadi anak yang cerdas.

Salah satu cara untuk meningkatkan fungsi otak anak adalah dengan memberinya asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Berikut ini adalah beberapa superfood yang diyakini mampu membuat balita Anda tumbuh menjadi anak yang cerdas.

1. Ikan dan kerang-kerangan

Ikan dan kerang-kerangan merupakan sumber asam lemak omega-3 dalam bentuk DHA dan EPA. Asam lemak omega-3 sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak Si Kecil. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa anak yang memperoleh asupan asam lemak yang cukup akan memiliki kemampuan berpikir yang lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.

Perlu diketahui, jenis ikan laut yang mengandung kadar DHA dan EPA yang cukup tinggi antara lain adalah salmon, tuna, sarden, makerel, tenggiri, dan kembung. Sedangkan ikan air tawar yang kaya DHA dan EPA adalah ikan tawes.

Baca juga: 10 Ikan Lokal yang Punya Nilai Gizi Tinggi untuk MPASI

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan tidak hanya mengandung protein dan karbohidrat. Jenis makanan yang satu ini juga kaya serat, vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium. Zat-zat yang terkandung di dalam kacang itulah yang diyakini punya kemampuan untuk meningkatkan daya ingat serta kesehatan sistem saraf anak.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang punya manfaat luar biasa bagi tumbuh kembang anak adalah kedelai yang bisa ditemukan dalam tempe maupun tahu. Kualitas protein kedelai ternyata lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras, jagung, atau terigu, lho!

3. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang mudah didapatkan. Kuning telur mengandung lecithin yang berfungsi untuk membantu perkembangan daya ingat. Selain itu, telur mengandung nutrisi penting lain yang berguna bagi kesehatan otak, seperti vitamin A, vitamin B12, riboflavon dan folacin, mineral besi, fosfor, zinc, serta kolin dan DHA. Selain harganya yang relatif tidak terlalu mahal, Moms bisa membuat banyak variasi makanan dengan menggunakan telur agar Si Kecil tidak cepat merasa bosan.

Baca juga: 4 Resep Olahan Telur agar Anak Tidak Bosan dan Makan Lahap

4. Buah berry

Buah-buahan yang termasuk ke dalam golongan berry, seperti strawberry, blueberry, dan raspberry mengandung vitamin C dan antioksidan yang disebut sebagai antosianin. Biji buah berry juga punya kandungan asam lemak omega-3. Satu hal yang perlu diketahui, makin kuat warna buah berry, maka makin banyak gizi yang terkandung di dalam buahnya.

5. Beras merah

Di dalam beras merah terdapat karbohidrat kompleks yang akan membantu meningkatkan hormon serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi untuk memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak. Selain itu, beras merah juga mengandung vitamin B kompleks yang punya peranan penting dalam menjaga kesehatan otak Si Kecil.

6. Daging sapi dan ayam

Daging sapi merupakan salah satu sumber makanan yang kaya zat besi. Zat yang satu ini punya peran esensial dalam membantu anak tetap berenergi dan berkonsentrasi saat belajar di sekolah. Selain itu, mineral yang ada di dalam daging sapi juga bisa membantu memelihara daya ingat Si Kecil.

Sementara itu, daging ayam juga mengandung protein tinggi seperti protein hewani lainnya. Kelebihannya lainnya, daging ayam mengandung asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh anak.

Baca juga: 4 Resep Olahan Daging Sapi untuk Anak agar Anak Lebih Doyan Makan

7. Susu dan yoghurt

Protein dan vitamin B yang terdapat dalam susu punya peranan penting dalam pertumbuhan jaringan otak. Selain itu, susu dan yoghurt kaya vitamin D dan berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf otot. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)