Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Kenapa Perut Tetap Buncit Setelah Melahirkan?

Kenapa Perut Tetap Buncit Setelah Melahirkan?

Ketika hamil, akan terjadi perubahan yang signifikan pada tubuh Anda, Moms, salah satunya yang terlihat sangat jelas adalah perut yang terus membesar seiring bertambahnya usia kehamilan hingga akhirnya buah hati Anda lahir nanti.

Mungkin bukan hanya Anda, banyak juga Moms yang berharap, usai melahirkan Si Kecil, perut akan kembali ke dalam bentuk normalnya dalam waktu sekejap. Namun, ternyata ekspektasi itu tidak benar-benar terjadi sepenuhnya, karena banyak ibu yang masih memiliki perut yang besar setelah proses melahirkan. Kenapa bisa begitu?

Butuh waktu untuk kembali ke bentuk semula

Moms, kondisi perut yang tetap besar usai melahirkan layaknya ketika masih mengandung sebenarnya termasuk normal. Kondisi perut Anda memang tak akan mengecil secara otomatis setelah melahirkan. Tubuh kita, terutama bagian perut, memerlukan waktu untuk kembali ke bentuk semula.

Perut memang butuh waktu untuk bisa pulih seutuhnya setelah kehamilan selama 9 bulan. Bayangkan, perut Anda seperti balon yang perlahan-lahan membesar seiring dengan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Persalinan tidak serta merta memecahkan balon itu, tapi hanya sedikit membuatnya bocor. Namun, jangan khawatir karena lama-kelamaan perut Anda akan kembali mengecil kok, Moms.

Baca juga: Good Bye, Perut Buncit! Ini 8 Cara Efektif untuk Hilangkan Lemak di Perut

Proses pengembalian bentuk tubuh secara normal ini biasanya berlangsung selama 6-8 minggu usai melahirkan atau bahkan bisa memakan waktu lebih lama dari itu. Hal tersebut tergantung pada gen setiap orang, karena setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda. Selain hal tersebut, beberapa ahli mengatakan bahwa menyusui setelah melahirkan bisa membantu proses pengembalian bentuk tubuh sang ibu.

Proses pengembalian tubuh tersebut juga akan mengurangi ukuran lingkar tubuh Anda. Perut Anda mungkin pula masih menggelembung karena ada cairan yang masih tertinggal di dalamnya dan akan segera dikeluarkan. Seluruh sel-sel tubuh yang membengkak selama kehamilan juga akan mulai mengeluarkan cairan ekstra, yang akan dikeluarkan lewat tubuh melalui urine, keringat, atau cairan di vagina.

Baca juga: Diastasis Recti, Penyebab Perut tak Kempes Usai Lahiran

Masalah lain terletak pada otot dan kulit perut yang kendur. Untuk mengembalikannya tentu harus menggunakan usaha ekstra seperti dengan berolahraga atau menggunakan korset. Tak hanya itu, proses menyusui Si Kecil juga akan membantu mengembalikan tubuh Anda ke bentuk ideal seiring waktu, tentunya dengan dibarengi dengan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga ya, Moms.

Baca juga: 5 Olahraga Paling Efektif untuk Mengecilkan Perut Buncit

Namun, tenang saja Moms, tak perlu terlalu memikirkan bentuk tubuh Anda setelah melahirkan, karena tentunya semua wanita yang baru melahirkan mengalami hal yang sama. Masa-masa tersebut justru merupakan waktu untuk pemulihan, sehingga asupan gizi dan istirahat yang cukup sangatlah penting untuk menjaga tingkat energi maupun ketahanan terhadap infeksi. Makan makanan bergizi juga diperlukan, karena Anda kini sedang menyusui Si Kecil. (M&B/Binar MP/SW/Foto: Freepik)