Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Olahraga Paling Efektif untuk Mengecilkan Perut Buncit

5 Olahraga Paling Efektif untuk Mengecilkan Perut Buncit

Punya nafsu makan yang tinggi—terlebih bila mengonsumsi makanan tidak sehat—ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik yang bisa membakar lemak, tentu dapat memicu penumpukan lemak di perut dan menyebabkan perut buncit. Bagi banyak wanita, perut buncit bisa mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

Baca juga: 8 Penyebab Perut Buncit pada Wanita, Waspadai Risikonya!

Diet memang berperan penting untuk mengurangi kelebihan lemak di perut, tetapi rutin berolahraga juga sama pentingnya. Ada latihan-latihan efektif untuk mengurangi lemak perut dan mendapatkan bagian tengah tubuh yang kencang, yang bisa Anda lakukan di rumah. Bahkan, latihan-latihan ini tidak memerlukan peralatan yang mewah.

Berikut ini beberapa jenis olahraga untuk mengecilkan perut yang bisa Anda lakukan di rumah. Simak, Moms!

1. Latihan aerobik (cardio)

Latihan aerobik (cardio) adalah salah satu latihan yang efektif untuk membantu mengecilkan perut. Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Obesity membuktikan bahwa latihan aerobik (cardio) termasuk salah satu olahraga yang efektif untuk mengecilkan perut.

2. Latihan kekuatan

Olahraga lain yang juga dinilai efektif untuk membantu mengecilkan perut adalah latihan kekuatan atau latihan beban. Faktanya, sebuah studi terbaru dalam Journal of Sports Sciences yang melibatkan remaja dengan kelebihan berat badan menunjukkan bahwa kombinasi latihan kekuatan dan latihan aerobik bisa membantu mengurangi kelebihan lemak perut dan mengecilkan perut.

3. Latihan interval intensitas tinggi 

Latihan interval intensitas tinggi, atau high-intensity interval training (HIIT), adalah olahraga dengan intensitas berat dalam waktu singkat dengan durasi 10-30 menit. Biasanya, latihan interval intensitas tinggi dilakukan selama 30 detik dengan istirahat selama 30 detik. Lakukan latihan intens selanjutnya, lalu istirahat lagi.

Meski sebentar, latihan interval intensitas tinggi telah terbukti mampu membakar kalori dan lemak di tubuh dalam jumlah banyak, termasuk lemak perut. Latihan ini bisa membantu Anda mengecilkan perut dan membuatnya jadi lebih kencang.

4. Latihan perut (abdominal exercises)

Sesuai namanya, latihan ini berfokus pada area perut untuk membantu mengencangkan dan mengecilkannya. Beberapa latihan perut untuk mengecilkan perut yang bisa Anda coba di rumah antara lain:

1. Plank selama 60 detik

olahraga mengecilkan perut
(Foto: Shurkin_sonon/Freepik)

2. Abdominal crunches sebanyak 15-20 kali

olahraga mengecilkan perut
(Foto: Freepik)

3. Bicycle crunches dalam 2-3 set sebanyak 10-15 kali untuk setiap sisi

olahraga mengecilkan perut
(Foto: Standret/Freepik)

4. Leg lift dalam 2-3 set sebanyak 10-15 kali

olahraga mengecilkan perut
(Foto: Valuavitaly/Freepik)

5. Russian twists dalam 4 set sebanyak 20 kali

olahraga mengecilkan perut
(Foto: Diana.grytsku/Freepik)

5. Berjalan cepat

Menurut Sahmura Gonzalez, seorang personal trainer di New York City, berjalan bisa membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. “Berjalan cepat selama 45 hingga 60 menit setiap hari dapat meningkatkan metabolisme Anda yang akan membantu menurunkan kadar kortisol, yang pada gilirannya dapat mengurangi lemak perut,” jelas Gonzalez. “Satu jam jalan cepat setiap hari bisa menghilangkan sekitar 1 pon lemak (500 gram) dalam seminggu,” tambahnya.

Itulah beberapa olahraga mengecilkan perut yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengecilkan perut dan membuatnya lebih kencang. Sebagian besar latihan-latihan di atas bisa dilakukan di rumah dan tidak membutuhkan peralatan tambahan.

Selain berolahraga secara teratur, untuk mengecilkan perut, Anda juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak trans, mengurangi minum alkohol, mengelola stres, membatasi konsumsi makanan dan minuman manis terlalu banyak, mengurangi konsumsi karbohidrat olahan (refined carbs), dan memperbaiki kualitas tidur. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Tono Diaz/Freepik)