Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Makanan Ini Dapat Membantu Anda Mudah Tidur

7 Makanan Ini Dapat Membantu Anda Mudah Tidur

Moms, apakah Anda memiliki masalah kesulitan tidur? Bila ya, tentu hal ini sangat mengganggu, ya! Padahal kualitas tidur yang Anda dapatkan bisa memengaruhi kesehatan Anda, lho. Melansir laman Medical News Today, kualitas dan durasi tidur dapat memengaruhi beragam kondisi, seperti kegemukan, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi.

Untuk mengatasi masalah kesulitan tidur ini, Anda bisa mulai memperbaiki kebiasaan makan dengan mengonsumsi makanan tertentu yang bisa membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur yang baik ini dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino, enzim, nutrisi, dan hormon tertentu.

Baca juga: Ini 10 Cara agar Anda Bisa Tidur Cepat dan Bangun Pagi

Nah, berikut M&B berikan rekomendasi beberapa makanan yang mampu mengatasi masalah kesulitan tidur Anda dan membuat Anda jadi mudah tidur.

1. Kacang almond

Almond mengandung melatonin dosis tinggi, hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun Anda. 1 ons Almond mengandung 77 mg magnesium dan 76 mg kalsium, 2 jenis mineral yang mampu membantu meningkatkan relaksasi otot dan tidur. Selain itu Almond juga merupakan camilan malam yang menyehatkan, karena kaya lemak baik serta rendah gula dan lemak jenuh.

2. Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak komponen senyawa yang mendukung kualitas tidur Anda, seperti melatonin, antosianin, flavonoid, karotenoid, kalium, magnesium, folat, kalsium. Dalam sebuah penelitian kecil ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi 2 buah kiwi 1 jam sebelum tidur selama 4 minggu mengalami peningkatan total waktu tidur dan efisiensi tidur serta memerlukan waktu tak lama untuk bisa tertidur.

3. Kacang kenari

Kacang kenari mengandung beberapa senyawa yang membantu meningkatkan dan mengatur kualitas tidur seperti melatonin, serotonin, dan magnesium. Setiap 100 gram kenari juga mengandung nutrisi lain yang dapat membantu tidur, seperti 158 mg magnesium, 441 mg potasium, 98 mg folat, dan 98 mg kalsium.

4. Ceri

Makan buah ceri atau minum jus ceri tart dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Ceri kaya dengan 4 senyawa pengatur tidur, yaitu melatonin, triptofan, kalium, dan serotonin. Para peneliti berspekulasi bahwa antioksidan yang disebut polifenol dalam ceri juga bisa memengaruhi siklus tidur Anda. Ceri juga merupakan camilan yang baik sebelum tidur karena kaya serat, vitamin C, dan vitamin E.

5. Ikan berlemak

Ikan berlemak dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda karena merupakan sumber vitamin D dan asam lemak omega-3 yang baik, yaitu 2 jenis nutrisi yang membantu mengatur serotonin yang bertanggung jawab untuk membentuk siklus tidur dan bangun yang tetap. Dalam sebuah studi yang dilakukan, seseorang yang mengonsumsi 300 gram salmon 3 kali seminggu selama 6 bulan, bisa tertidur lebih cepat.

6. Sayuran hijau

Rasanya tak sulit ya Moms, menemukan sayuran hijau di Indonesia. Sayuran hijau gelap termasuk brokoli, bayam, dan bok choi mengandung 3 mineral tidur esensial yaitu potasium, magnesium, dan kalsium yang akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

7. Pisang

Pisang mengandung kalium yang mampu merilekskan sistem saraf pusat tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B6 di dalamnya juga akan membantu Anda untuk mudah tidur. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)