Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ini 10 Cara agar Anda Bisa Tidur Cepat dan Bangun Pagi

Ini 10 Cara agar Anda Bisa Tidur Cepat dan Bangun Pagi

Bisa tidur dengan cepat dan bangun di pagi hari tentu jadi keinginan setiap orang. Dilansir dari WebMD, tidur cepat punya banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya bisa membantu meningkatkan sistem imun dan memastikan fungsi kerja organ tubuh berjalan dengan optimal.

Namun pada kenyataannya, tak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk bisa mengistirahatkan tubuh dan pikirannya di malam hari, sehingga muncul gangguan insomnia. Insomnia merupakan suatu kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk bisa tidur.

Jika mengalaminya, Moms tak perlu khawatir, karena beberapa cara berikut ini dapat Anda lakukan agar bisa tidur cepat dan bangun pagi keesokan harinya.

1. Buat jadwal tidur harian

Moms, cobalah untuk mengatur jadwal tidur harian Anda. Mulailah dengan menetapkan jadwal tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Misalnya, atur jam tidur tepat pukul 21.00 dan jam bangun pukul 05.00 setiap harinya. Ikuti jadwal tersebut dengan disiplin, agar kebiasaan tidur bisa terbentuk dan nantinya tubuh Anda terbiasa.

2. Tenangkan diri dengan mendengarkan musik

Mendengarkan musik jadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar cepat tidur. Musik bisa menjadi metode relaksasi untuk mengatasi gangguan tidur kronis dan membantu meningkatkan kualitas tidur. Anda bisa dengarkan musik dengan alunan nada yang tenang, misalnya musik khusus untuk meditasi dan relaksasi.

3. Atur suhu udara di kamar tidur

Agar bisa tidur cepat, Moms juga perlu mengatur suhu udara di kamar tidur. Biasanya suhu 15-23 derajat Celsius dianggap cukup nyaman dan bisa bikin seseorang lebih cepat tidur. Jika tak memiliki pendingin ruangan, Anda bisa menyiasatinya dengan cara mandi sebelum tidur untuk menurunkan suhu tubuh.

4. Jauhkan diri dari perangkat elektronik sebelum tidur

Selanjutnya, cobalah untuk menjauhkan diri dari perangkat elektronik, khususnya ponsel, setidaknya 1,5 jam sebelum tidur. Ini penting dilakukan, karena cahaya dan radiasi dari ponsel bisa menurunkan produksi hormon melatonin, yang dapat membuat tidur jadi terganggu.

5. Hindari makanan dan minuman tertentu

Jika ingin tidur Anda lebih berkualitas, sebaiknya hindari jenis makanan yang tinggi kandungan lemak dan minuman yang mengandung kafein beberapa jam sebelum tidur. Makanan tinggi lemak akan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menghancurkannya, sedangkan minuman kafein bisa membuat Anda terjaga di malam hari.

Baca juga: Minum Susu Sebelum Tidur, Ini Manfaatnya buat Kesehatan

6. Gunakan aromaterapi 

Aromaterapi dipercaya bisa membantu memberikan efek tenang dan nyaman. Bahkan menurut beberapa penelitian, aromaterapi seperti lavender juga bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Moms bisa gunakan aromaterapi untuk ruangan dalam berbagai bentuk, mulai dari lilin beraroma, inhaler aromaterapi, losion alami, hingga penyegar udara ruangan.

7. Matikan lampu kamar tidur

Kamar dalam kondisi yang gelap bisa membuat Anda lebih cepat tidur. Ini karena ruangan yang gelap akan mendukung produksi hormon melatonin yang bisa membantu tubuh lebih cepat terlelap. Jika Moms tidak terbiasa dengan kondisi ruangan yang gelap, siasati dengan mengganti lampu dengan cahaya lebih redup.

8. Lakukan meditasi sebelum tidur

Berikutnya, Moms bisa coba lakukan meditasi selama 10-15 menit sebelum tidur. Meditasi akan membantu tubuh dan pikiran jadi lebih tenang dan rileks, sehingga Anda lebih cepat terlelap. Selain itu, meditasi juga bisa membantu melepaskan stres dan ketegangan pada otot tubuh, yang nantinya bisa meningkatkan kadar hormon melatonin.

9. Lakukan latihan pernapasan

Cara agar cepat tidur berikutnya yang bisa Moms coba adalah dengan melatih pernapasan. Caranya, ambil napas melalui hidung selama 4 detik, kemudian tahan napas selama 7 detik, lalu buang napas pelan-pelan melalui mulut selama 8 detik. Latihan pernapasan ini bisa diulangi sebanyak 4 kali, agar tubuh jadi rileks dan lebih mudah untuk tidur.

10. Mandi dengan air hangat

Terakhir, Moms disarankan untuk mandi dengan air hangat sebelum tidur, agar tubuh jadi lebih rileks. Dengan kondisi tubuh yang rileks, nantinya Anda akan cepat mengantuk dan tidur pun jadi lebih nyenyak.

Itulah 10 cara yang bisa Moms lakukan agar bisa tidur cepat dan bangun pagi. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Ketut Subiyanto/Pexels)