Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Bercinta di Malam Hari yang Harus Anda Tahu

Manfaat Bercinta di Malam Hari yang Harus Anda Tahu

Moms, kapan waktu favorit Anda untuk bermesraan dengan pasangan? Malam hari atau justru pagi hari?

Faktanya, sebagian besar orang memilih untuk bermesraan atau bercinta di malam hari. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam situs Psychologytoday, lebih dari 50 persen pasangan melakukan hubungan seks di malam hari antara pukul 22.00 hingga 02.00 dini hari atau lebih tepatnya menjelang waktu tidur.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Bercinta saat Malam atau Pagi Hari?

Kondisi ini terjadi bukan tanpa alasan. Banyak penyebab yang membuat pasangan memilih untuk berhubungan seks pada malam hari, antara lain:

1. Lebih santai

Berhubungan seks di malam hari relatif lebih santai atau tidak perlu dilakukan secara terburu-buru, seperti halnya seks di pagi hari. Pada malam hari ketika semua pekerjaan telah selesai, Anda dan pasangan terbebas dari segala beban pikiran sehingga bisa rileks dan fokus bermesraan.

Waktu yang dimiliki saat bercinta di malam hari juga lebih panjang sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk mengeksplorasi titik-titik rangsangan sehingga hubungan seks bisa dilakukan dengan maksimal.

2. Tidur lebih nyenyak

Bercinta di malam hari sebelum tidur bisa membuat Anda dan pasangan menjauh dari gadget. Seperti kita ketahui, penggunaan gadget bisa mengganggu kualitas tidur. Sebaliknya, bercinta memiliki fungsi yang mampu meningkatkan kualitas tidur.

Namun perlu diketahui, efek bercinta bagi pria dan wanita sesungguhnya berbeda. "Pada wanita, kadar estrogen akan meningkat setelah berhubungan seks. Hal ini bisa meningkatkan siklus REM wanita yang membuat tidur lebih nyenyak," jelas Rachel Needle, co-director Modern Sex Therapy Institutes.

"Sementara itu bagi pria, hormon prolaktin dikeluarkan setelah orgasme dan akan meningkatkan rasa ngantuk," lanjut Needle. Bagi orang yang sering mengalami insomnia atau kesulitan tidur di malam hari, berhubungan seks bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Ini Alasan Pria Lebih Cepat Tertidur Setelah Bercinta

3. Meningkatkan bonding

Satu hal yang bisa Anda lakukan setelah bercinta di malam hari adalah berpelukan. Ya, Anda dan pasangan bisa berbincang santai sejenak sambil berpelukan sebelum benar-benar tertidur. Hal semacam ini tentunya sulit untuk dilakukan jika Moms dan Dads memilih bercinta di pagi hari yang cenderung serba terburu-buru. Sebagai catatan, berpelukan sambil mengungkapkan isi hati atau sekadar mengucapkan kata-kata mesra bisa meningkatkan bonding Moms dengan Dads, lho.

4. Memperbesar peluang terjadinya pembuahan

Bagi pasangan yang sedang menjalani program untuk mendapatkan buah hati, pilihlah waktu malam hari untuk berhubungan seks. Biasanya, pasangan yang bercinta di malam hari akan memiliki waktu untuk bersantai sejenak sambil tiduran. Jika dilakukan setelah bercinta, posisi ini diyakini mampu memperbesar peluang terjadinya pembuahan. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)