Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Bila Anak Suka Menarik Rambut

Bila Anak Suka Menarik Rambut

Ada saja tingkah-polah anak yang bisa membuat orangtuanya geleng-geleng kepala. Ya, salah satunya, kebiasaan menarik rambut yang merupakan tindakan Si Kecil untuk mengekspresikan dirinya dan menarik perhatian orang-orang di sekitarnya.

 

Ada beberapa alasan mengapa ia berperilaku seperti itu. Pertama, Si Kecil ingin mendapatkan perhatian. “Saat ia menjambak rambut kakaknya, maka Si Kakak akan berteriak. Baginya, itu menyenangkan,” ungkap Mark W. Roberts, profesor psikologi klinis dari Idaho State University, Amerika Serikat. Jika itu berhasil, ia akan melakukannya terus-menerus.

 

Kedua, Si Kecil ingin menghentikan hal yang tidak menyenangkan terhadap dirinya. Dilansir melalui Babycenter, Roberts menyebutkan, “Bila seseorang mengganggunya atau merebut mainannya,  maka ia akan menarik rambut orang tersebut dan gangguan itu akan berhenti.”

 

Alasan ketiga, mungkin saja Si Kecil sedang mengembangkan keterampilan kognitifnya untuk menyelesaikan masalah. Ia berpikir, dengan tindakan menarik rambut ini, ia akan mudah mengontrol keadaan di sekitarnya. Misalnya, bila Si Kakak mengambil kue yang tersisa satu, maka ia akan menarik rambut kakaknya, karena ia menginginkan kue tersebut. “Anda perlu menengahi mereka dan menjelaskan kepada Si Kakak untuk berbagi kue dengan adiknya,” ucap Roberts. Anda pun perlu memberi tahu Si Kakak untuk tidak langsung memakan apa yang adiknya sukai, dan menawarkan terlebih dahulu kepada adiknya.

 

Yang terakhir, bila Si Kecil menarik rambutnya sendiri, bisa jadi ia sedang merasa gelisah atau kesal. Tindakan ini juga bisa mengindikasikan adanya masalah pada pengendalian diri Si Kecil. Jika Anda merasa khawatir dengan perilakunya tersebut, konsultasikanlah kepada dokter. (Sagar/DMO/Dok. M&B)