Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Buat New Moms, Ini Tips Memilih Bra Menyusui yang Tepat

Buat New Moms, Ini Tips Memilih Bra Menyusui yang Tepat

Saat hamil, tak sedikit wanita yang sudah mengalami perubahan bentuk dan ukuran pada payudaranya. Maka ada baiknya Anda memiliki bra yang nyaman dan fungsional sejak Anda mengandung.

Memiliki bra yang fungsinya bisa digunakan ketika masa menyusui nanti tentu akan menyenangkan sekaligus membuat Anda berhemat. Nah, untuk mendapatkan bra yang nyaman dan bisa dipakai saat masa menyusui, Moms bisa menyimak tips berikut.

1. Pilih ukuran bra yang fleksibel

Seperti telah disinggung sebelumnya, bentuk dan ukuran payudara Anda akan berubah saat hamil dan menyusui. Maka, saat memilih bra menyusui, pilih ukuran bra yang fleksibel. Moms bisa meletakkan satu tangan Anda pada cup bra, sehingga Anda bisa memastikan bahwa bra tersebut cukup fleksibel dan masih menyisakan ruang bila Moms perlu menggunakan breast pad saat masa menyusui.

2. Pilih bra yang tidak membuat tubuh lecet

Untuk menghindari lecet, Moms perlu memilih bra yang berbahan elastis, lentur, tanpa kawat, atau pilih tipe seamless bra. Hal ini penting apalagi bila bra menyusui tersebut Moms gunakan saat malam hari.

3. Pastikan memilih bra yang kencang

Karet elastis pada bra akan meregang atau mengendur seiring waktu. Maka saat Anda mencoba bra, kencangkan dengan kait terluar dan pilih bra yang tidak terlalu tebal, terlebih bila bra naik terlalu tinggi pada bagian belakang saat dicoba.

Bila Moms membeli bra jelang persalinan, coba kencangkan dengan kait terluar juga, atau Anda bisa menggunakan kait bra tambahan untuk menyesuaikan ukuran bra. Dengan cara ini, ukuran bra bisa dikurangi atau dikecilkan sesuai lingkar payudara Anda setelah bayi lahir nanti.

4. Pastikan kenyaman bra saat dipakai

Saat Moms mencoba bra, bergeraklah, regangkan lengan Anda ke atas dan ke samping, condongkan tubuh Anda ke depan, atau berjalanlah sedikit. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui apakah bra cukup nyaman dipakai dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Pastikan klip bra mudah dilepas dengan satu tangan

Moms perlu memastikan apakah klip bra Anda mudah dilepas dan dipasang kembali dengan satu tangan, agar Anda bisa segera menyusui Si Kecil ketika ia haus.

6. Pastikan bra pas saat dikenakan

Untuk mendapatkan bra yang pas, Moms perlu menyesuaikan dan mengencangkan tali bra pada bahu sampai benar pas dan nyaman saat Anda pakai. Pastikan pula memilih cup bra yang mampu menampung payudara Anda tanpa ada tonjolan atau celah di bagian samping, atas, atau bawah yang keluar. Bila payudara Anda sedikit keluar dari cup, maka cup bra yang Anda pilih kekecilan, Moms. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)