Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ini Cara Tepat untuk Mengatasi dan Mencegah Bisul

Ini Cara Tepat untuk Mengatasi dan Mencegah Bisul

Bisul atau furunkel adalah benjolan merah pada kulit yang terasa nyeri, disebabkan oleh infeksi bakteri pada folikel rambut di kulit. Bisul bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, yang paling sering adalah di ketiak, wajah, leher, paha, dan bokong. Walaupun termasuk gangguan yang tidak terlalu berbahaya, bisul harus diatasi dengan cara yang tepat, Moms. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui trik mengatasi bisul.

Cara Mudah Mengatasi Bisul

Biasanya, bisul dapat diatasi tanpa perlu menemui dokter. Bila dibiarkan, bisul akan mengering dan sembuh dengan sendirinya. Tapi bila bisul membandel, maka Moms bisa coba untuk mengompres bisul dengan air hangat. Hal ini dapat membantu bisul cepat matang dan kering, serta mengurangi rasa nyeri. Coba kompres dengan air hangat sebanyak 3 kali sehari ya, Moms.

Lanjutkan untuk mengompres bisul setelah kering untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa nyeri. Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah mengobati bisul untuk menghindari penyebaran bakteri penyebab bisul di bagian tubuh lainnya. Bila bisul sudah pecah, bersihkan dengan kain kasa steril dan sabun, lalu tutup dengan kain kasa steril. Ganti perban sebanyak 2-3 kali sehari.

Yang perlu diingat, jangan coba memencet, mencubit, atau memotong bisul karena hanya akan meningkatkan risiko untuk mengalami infeksi berat dan luka parah. Bila Moms ingin segera menghilangkan bisul, maka memeriksakan diri ke dokter adalah langkah tepat. Dokter biasanya akan menghilangkan bisul melalui bedah kecil untuk mengeluarkan nanah.

Kapan Perlu ke Dokter?

Bisul umumnya akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Tapi ada beberapa kondisi di mana Anda perlu ke dokter untuk mengatasi bisul, antara lain:

* Bisul tumbuh berkelompok.

* Tidak kunjung sembuh setelah dua minggu.

* Rasa nyeri tak tertahankan, bahkan setelah meminum obat anti-nyeri.

* Muncul demam, pusing, dan mual.

* Disertai komplikasi dan kambuh dalam waktu singkat.

* Bisul muncul di dalam hidung, wajah, atau punggung.

* Bisul terus membesar dan terasa kenyal saat disentuh.

Mencegah Bisul dengan Tepat

Walau tampak seperti sebuah kondisi yang biasa dialami manusia, bisul bisa dicegah lho, Moms. Simak beberapa cara pencegahannya berikut ini:

* Selalu jaga kebersihan diri. Rajin mencuci tangan merupakan cara pencegahan utama.

* Hindari pemakaian barang-barang pribadi, seperti handuk dan pakaian, dengan orang lain.

* Mencuci seprai kasur dengan air hangat atau panas untuk membunuh bakteri.

* Menghindari kontak langsung dengan orang yang memiliki bisul.

* Menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat untuk meningkatkan imun. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)