Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

5 Keluhan Ibu Hamil pada Trimester 2 dan Penanganannya

5 Keluhan Ibu Hamil pada Trimester 2 dan Penanganannya

Setelah merasakan banyaknya keluhan saat kehamilan baru memasuki trimester pertama, bumil mungkin bisa merasa sedikit lebih santai saat menjalani kehamilan di trimester kedua. Meskipun begitu, hal ini bukan berarti Anda tidak akan mengalami keluhan sama sekali pada kehamilan di usia 14-26 minggu ini, Moms.

Setelah beberapa keluhan kehamilan di trimester pertama seperti mual muntah dan nyeri payudara mereda, memasuki trimester kedua kehamilan akan muncul sejumlah keluhan kehamilan lainnya yang mungkin saja Anda rasakan di trimester kedua ini.

Ini beberapa keluhan yang mungkin saja akan Anda rasakan saat hamil memasuki trimester kedua berikut cara penanganannya, Moms.

1. Nyeri ulu hati dan sendawa

Selama hamil, motilitas atau gerakan pada usus dan pengosongan lambung jadi menurun, yang awalnya 4 jam sekali menjadi 5-6 jam sekali. Bila asam lambung meningkat lalu katup esofagus terbuka, maka bisa terjadi refluks pada asam lambung yang menyebabkan nyeri dan sering sendawa.

Cara mengatasinya: Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan makan dengan porsi kecil tapi sering ya, Moms.

2. Nyeri pinggang

Nyeri pinggang merupakan kondisi yang sangat wajar terjadi pada kehamilan. Perubahan bentuk rahim saat hamil dan tekanan pada sendi tulang dan saraf bisa menyebabkan nyeri pada daerah pinggang Anda.

Cara mengatasinya: Lakukan olahraga atau stretching untuk membuat otot dan tulang lebih fleksibel serta mengurangi rasa sakit pada pinggang. Moms juga bisa mengikuti senam atau yoga hamil.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Varises saat Kehamilan Trimester Kedua

3. Nyeri pergelangan tangan

Kenaikan berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan penyempitan pada tunnel di tangan, sehingga mengakibatkan nyeri pada pergelangan tangan atau terasa kebas.

Cara mengatasinya: Kontrol kenaikan berat badan Anda saat hamil, minum setidaknya sebanyak 2,5 liter air per hari untuk menghindari dehidrasi, dan tingkatkan asupan kalsium.

4. Pregnancy glow dan jerawatan

Meningkatnya peredaran darah dalam tubuh yang terjadi selama hamil membuat kulit terkesan glowing dan fresh. Namun, hal ini juga bisa menyebabkan kulit wajah bumil jadi lebih berminyak sehingga bisa memicu munculnya jerawat.

Cara mengatasinya: Sering-seringlah membasuh wajah dengan air mengalir untuk menurunkan kadar minyak pada wajah Anda, Moms.

5. Kram pada kaki

Keluhan kehamilan satu ini biasanya disebabkan oleh aktivitas berlebihan disertai dehidrasi. Misalnya saat Anda melakukan olahraga yang lama sementara Anda kurang minum maka asam laktat akan meningkat di dalam tubuh yang bisa menyebabkan kram pada otot-otot tubuh, tak terkecuali pada otot kaki.

Cara mengatasinya: Lakukan stretching sebelum tidur dan di pagi hari, minum setidaknya sebanyak 2,5 liter air per hari untuk menghindari dehidrasi, dan tingkatkan asupan kalsium.

Baca juga: Keluhan Kehamilan yang Paling Sering Terjadi di Trimester 3

(M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)