Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Keluhan Kehamilan yang Paling Sering Terjadi di Trimester 3

Keluhan Kehamilan yang Paling Sering Terjadi di Trimester 3

Beda trimester, beda pula keluhan kehamilan yang mungkin Anda rasakan. Ya, keluhan kehamilan memang tak hanya terjadi di trimester 1 saja, trimester 3 pun punya tantangannya tersendiri, lho. Yuk, ketahui beberapa keluhan kehamilan yang umum terjadi di trimester 3, Moms!

1. Kaki bengkak

Keluhan ini mungkin sudah terjadi di trimester awal, tapi lebih umum dan sering terjadi di trimester 3. Saat hamil, tubuh Anda menghasilkan 60 persen volume darah lebih banyak dari sebelumnya, sedangkan janin Anda terus membesar dan menekan pembuluh darah balik ke jantung. Ini menyebabkan banyak cairan ekstra yang tertahan di area bawah tubuh, terutama kaki.

Cara mengatasi keluhan: Tenang saja, Kondisi ini tidak berbahaya kok, Moms. Cara mengatasi kaki bengkak adalah dengan rutin mengistirahatkan kaki 10 menit setiap habis duduk atau berdiri beberapa jam. Jangan lupa juga pilih alas kaki yang nyaman ya, Moms.

2. Insomnia

Di trimester awal, insomnia mungkin terjadi karena perubahan hormon. Sedangkan di trimester akhir, bertambah besarnya janin membuat Anda jadi susah tidur. Rasa ingin buang air kecil juga makin intens dialami (bahkan di malam hari) dan ini juga bisa membuat tidur Anda terganggu.

Cara mengatasi keluhan: Cari posisi tidur yang paling nyaman dan tak ada salahnya mencoba bantal kehamilan. Hindari minum berlebihan menjelang waktu tidur. Hindari cahaya berlebih dan juga minuman berkafein. Selain membuat Anda lebih terjaga, minuman berkafein juga bersifat diuretik sehingga Anda jadi lebih sering buang air kecil.

3. Nyeri punggung

Makin besarnya ukuran janin membuat bumil mudah mengalami nyeri punggung dan pinggang. Ini juga terjadi karena meningkatnya hormon progesteron yang melembutkan otot dan sendi di tubuh (untuk mempermudah persalinan). Namun, di sisi lain, ini bisa membuat Anda lebih mudah menderita nyeri punggung.

Cara mengatasi keluhan: Coba gunakan support belt yang mengelilingi perut bumil untuk membantu "mengangkat" beban di area perut sehingga lebih nyaman untuk punggung dan pinggang. Alat ini aman untuk kehamilan kok, Moms.

4. Nyeri payudara

Perubahan hormon membuat payudara sering terasa nyeri. Berita baiknya, ini merupakan proses untuk persiapan menyusui Si Kecil, lho.

Cara mengatasi keluhan: Coba kenakan bra dengan ukuran lebih besar dan pilihlah bra khusus kehamilan atau menyusui. Jenis bra ini lebih nyaman untuk payudara dan punggung bumil.

5. Sering berkemih

Mungkin inilah keluhan trimester 3 yang paling mengganggu, karena kandung kemih Anda tertekan janin hingga membuat Anda sering ingin buang air kecil.

Cara mengatasi keluhan: Berdamailah dengan keluhan yang satu ini, karena tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Anda tetap butuh minum banyak air, jangan dikurangi hanya karena malas buang air kecil ya, Moms. Lebih baik Anda menghindari minuman yang bersifat diuretik seperti teh dan kopi, karena minuman itu membuat Anda lebih sering berkemih.

6. Heartburn

Makin besar janin dalam perut Anda, makin terdesak juga organ-organ Anda di sekitar janin, termasuk lambung. Hal ini yang kerap membuat bumil di trimester 3 lebih akrab dengan heartburn. Ini adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan iritasi atau sensasi terbakar di dada.

Cara mengatasi keluhan: Untuk mencegahnya, coba terapkan small frequent feeding atau makan sedikit tapi sering. Ini lebih baik daripada makan porsi besar 3 kali sehari. Coba hindari makanan yang memicu naiknya asam lambung, seperti makanan pedas dan asam. Hindari juga makan sebelum tidur ya, Moms.

Baca juga: Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester 3

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)